5 Partai Politik Terbesar di India, Salah Satunya Anti-Muslim

Kamis, 18 April 2024 - 19:40 WIB
loading...
A A A
Melansir Al Jazeera, Kongres adalah partai politik tertua di India, yang berdiri sejak tahun 1885 ketika Inggris berkuasa di anak benua India. “Partai tua yang agung” ini telah memerintah India selama lebih dari dua pertiga tahun sejak kemerdekaannya pada tahun 1947, dan Perdana Menteri Jawaharlal Nehru yang berpendidikan Barat berjasa meletakkan dasar-dasar liberal dan sekulernya.

Putri Nehru, Indira Gandhi, adalah perdana menteri perempuan pertama dan satu-satunya di India. Kongres juga memperkenalkan reformasi ekonomi penting pada tahun 1991, yang membuka jalan bagi evolusi ekonomi pasar terbuka.

Namun Kongres mengalami kesulitan setelah Modi meraih kekuasaan pada tahun 2014.

Rahul Gandhi, lawan terberat Modi dan bintang kampanye Kongres, mengundurkan diri sebagai ketua partai setelah kinerja buruk dalam pemilihan parlemen terakhir pada tahun 2019. Namun, anggota parlemen empat kali berusia 53 tahun itu tetap menjadi pusat politik oposisi India dan Target utama Modi.

Sebagai keturunan dinasti Gandhi-Nehru, ayahnya Rajiv Gandhi, nenek Indira, dan kakek buyut Nehru semuanya adalah perdana menteri dan memimpin negara selama lebih dari 37 tahun.

Gandhi adalah wajah utama dari aliansi oposisi beranggotakan 26 orang yang dipimpin Kongres, bernama Aliansi Pembangunan Inklusif Nasional India (INDIA). Dia mengorganisir dua pawai lintas negara untuk memperkuat kampanye pemilihannya dan memanfaatkannya untuk ketidakpuasan atas kesusahan pedesaan, pengangguran dan ketimpangan pendapatan.

Gandhi bersaing dalam pemilu tahun ini dari Wayanad di negara bagian Kerala di bagian selatan.

3. Partai Aam Aadmi (AAP)

5 Partai Politik Terbesar di India, Salah Satunya Anti-Muslim

Foto/Reuters

Partai Aam Aadmi, atau Partai Rakyat Biasa, bangkit dari gerakan antikorupsi yang kuat pada tahun 2011 di tengah protes yang dipimpin oleh Anna Hazare – seorang pejuang yang mengaku didukung oleh ajudan dekatnya Arvind Kejriwal. Untuk pemilu kali ini, AAP adalah bagian dari aliansi INDIA.

Kejriwal, seorang kritikus setia Modi, mendirikan AAP pada tahun 2012 dan membentuk pemerintahan negara bagian di wilayah ibu kota negara Delhi pada tahun 2015, menimbulkan kekacauan politik yang tidak terduga bagi partai-partai mapan seperti BJP dan Kongres. Kejriwal telah menjadi ketua menteri Delhi sejak itu. Partai tersebut juga menjalankan negara bagian Punjab.

Namun, prospek AAP tahun ini dibayangi oleh penangkapan beberapa pemimpin penting mereka, termasuk Kejriwal, dalam kasus dugaan korupsi sebelum pemilu. Partai tersebut menolak tuduhan tersebut dan menyebutnya sebagai “upaya putus asa untuk memfitnah citra” Kejriwal demi keuntungan politik.

4. Dravida Munnetra Kazhagam (DMK)

5 Partai Politik Terbesar di India, Salah Satunya Anti-Muslim

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)