5 Partai Politik Terbesar di India, Salah Satunya Anti-Muslim

Kamis, 18 April 2024 - 19:40 WIB
loading...
A A A
Sebagai kekuatan regional yang kuat di selatan India, DMK adalah partai terbesar ketiga di India dalam hal jumlah kursi yang dimilikinya di majelis rendah parlemen.

Sebagai sekutu Kongres, DMK juga menjalankan negara bagian Tamil Nadu di bagian selatan, yang memiliki tingkat melek huruf yang tinggi dan indeks pembangunan lainnya.

5. Kongres Trinamool Seluruh India (TMC)

5 Partai Politik Terbesar di India, Salah Satunya Anti-Muslim

Foto/Reuters

Partai terbesar keempat di India berdasarkan jumlah kursi di parlemen, Kongres Trinamool memegang kekuasaan di Benggala Barat, negara bagian lain di mana BJP kesulitan mengkonsolidasikan kekuasaannya.

TMC terpecah dari Kongres dan terbentuk hampir 25 tahun yang lalu. Pendiri partai tersebut, Mamata Banerjee, telah menjadi kepala negara bagian Benggala Barat selama sekitar 13 tahun dan sekarang enggan menjadi sekutu Kongres dalam melawan BJP pada pemilu tahun 2024. Partainya telah bergabung dengan INDIA, namun gagal menyepakati siapa yang akan bertarung di kursi mana di negara bagian timur tersebut.

Salah satu kandidat TMC untuk pemilu ini adalah Mahua Moitra, seorang pengkritik keras Modi, yang dikeluarkan dari parlemen tahun lalu karena tuduhan suap.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)