Perbedaan Kekuasaan Presiden dan Pemimpin Tertinggi Iran

Rabu, 17 April 2024 - 13:45 WIB
loading...
A A A

2. Masa Jabatan dan Pemilihan


Masa Jabatan: Presiden terpilih selama empat tahun dan dapat mencalonkan diri dua kali. Namun, berapa kali dia dapat mencalonkan diri tidak jelas.

Pemilihan: Presiden dipilih secara populer oleh rakyat Iran melalui pemilu. Proses pemilihan melibatkan partisipasi aktif warga negara.

3. Peran dalam Hubungan Internasional


Perwakilan Negara: Presiden mewakili Iran dalam hubungan internasional. Dia berinteraksi dengan pemimpin negara lain, berpartisipasi dalam pertemuan internasional, dan menjalin hubungan diplomatik.

Negosiasi: Presiden memiliki peran dalam negosiasi perjanjian dan kerjasama bilateral serta multilateral. Dia berbicara atas nama negara dalam forum internasional.

Pemimpin Tertinggi Iran

1. Otoritas Tertinggi


Kepala Agama dan Politik: Pemimpin Tertinggi memegang otoritas tertinggi dalam urusan agama dan politik. Gelar ini diberikan kepada pemimpin spiritual dan politik negara.

Masa Jabatan: Pemimpin Tertinggi diangkat seumur hidup oleh Majelis Ahli (majelis ulama) dan menjabat hingga akhir hayatnya. Ini memberikan stabilitas dan kontinuitas kepemimpinan.

Perbedaan Kekuasaan Presiden dan Pemimpin Tertinggi Iran


Kontrol atas Angkatan Bersenjata: Pemimpin Tertinggi mengawasi program nuklir Iran dan panglima militer negara itu. Dia juga menunjuk kepala kehakiman dan anggota peradilan.

2. Pengaruh Politik dan Kebijakan


Keputusan Akhir: Pemimpin Tertinggi memiliki keputusan akhir dalam segala hal. Kebijakan utama negara ditentukan olehnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)