NATO: Rusia Harus Bebaskan Kapal dan Tentara Ukraina

Selasa, 27 November 2018 - 10:31 WIB
NATO: Rusia Harus Bebaskan Kapal dan Tentara Ukraina
NATO: Rusia Harus Bebaskan Kapal dan Tentara Ukraina
A A A
BRUSSELS - Sekretaris Jenderal (Sekjen) NATO meminta Rusia untuk segera membebaskan kapal dan tentara Ukraianan yang ditahan dalam konfrontasi di Laut Azov pada hari Minggu lalu. Hal itu dikatakannya pada konferensi pers setelah pertemuan darurat NATO-Ukraina di Brussels

"Sekutu NATO mendukung integritas teritorial dan kedaulatan Ukraina. Tidak ada pembenaran untuk penggunaan kekuatan militer terhadap kapal Ukraina dan personel angkatan laut. Kami mendesak Rusia untuk membebaskan kapal dan tentara Ukraina sekaligus,” kata Jens Stoltenberg, seperti dikutip dari Anadolu, Selasa (27/11/2018).

Rusia merebut tiga kapal angkatan laut Ukraina dari Crimea di Laut Azov pada hari Minggu. Rusia mengatakan kapal-kapal itu mengabaikan seruan untuk berhenti, memicu aksi militer.

Rusia melakukan intervensi ketika kapal perang Ukraina dipindahkan dari Odessa ke Pelabuhan Mariupol di Laut Azov.

Angkatan Laut Ukraina menuduh Rusia melepaskan tembakan ke kapal perangnya dari Crimea, menegaskan bahwa awak kapal terluka dan kapalnya disita oleh Rusia.

Rusia dan Ukraina telah berselisih sejak 2014, ketika Rusia mencaplok Crimea setelah referendum kontroversial. Majelis Umum PBB memandang aneksasi itu sebagai ilegal.

Ukraina juga menyalahkan Rusia atas kekerasan separatis di timur Ukraina, dekat perbatasan dengan Rusia.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6853 seconds (0.1#10.140)