5 Fakta Khan Younis, Salah Satunya Tempat Kelahiran Pemimpin Hamas Yahya Sinwar

Rabu, 10 April 2024 - 23:23 WIB
loading...
A A A
Hamas membantah bersembunyi di rumah sakit dan bangunan sipil lainnya dan CNN tidak dapat memverifikasi klaim tersebut secara independen.

4. Mayoritas Penduduknya Mengungsi

5 Fakta Khan Younis, Salah Satunya Tempat Kelahiran Pemimpin Hamas Yahya Sinwar

Foto/Reuters

Wartawan lokal mengatakan kepada CNN bahwa ada sebanyak 100.000 pengungsi di tempat penampungan yang dikelola PBB dan fasilitas lainnya di daerah tersebut sebelum IDF mengeluarkan perintah evakuasi bulan lalu.

Banyak dari mereka yang tidak punya tempat lain untuk pergi dan tetap berlindung di pusat-pusat kesehatan dan fasilitas PBB di Khan Younis, termasuk Kompleks Medis Nasser, Rumah Sakit Al Amal dan markas besar Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina. PBB mengatakan ribuan orang masih berada di sana, dan fasilitas tersebut juga diserang, menurut pejabat kesehatan Palestina yang dikelola Hamas.

IDF telah berulang kali menegaskan bahwa mereka berupaya meminimalkan kerugian terhadap warga sipil namun mendapat tekanan dari Amerika Serikat dan negara lain untuk berbuat lebih banyak.

Penjara. Jenderal Dan Goldfuss adalah komandan divisi ke-98 IDF, unit yang memimpin serangan di Khan Younis. Ia mendampingi sekelompok kecil wartawan, termasuk CNN, tur ke dua kompleks terowongan Hamas di daerah tersebut.

5. Memiliki Banyak Terowongan Rahasia Hamas

5 Fakta Khan Younis, Salah Satunya Tempat Kelahiran Pemimpin Hamas Yahya Sinwar

Foto/Reuters

Goldfuss mengatakan jaringan terowongan itu digunakan oleh kepemimpinan Hamas untuk merencanakan serangan di mana Hamas dan Jihad Islam menewaskan lebih dari 1.200 orang dan menculik lebih dari 250 lainnya ke Gaza. Beberapa sandera kemungkinan masih ditahan di dalam terowongan, katanya.

Ruangan di dalam kompleks bawah tanah di Khan Younis tempat militer Israel meyakini pemimpin Hamas Yahya Sinwar bersembunyi di beberapa titik selama perang.

“Saya (telah) ditanyai banyak pertanyaan tentang harga yang harus dibayar oleh Gaza, Khan Younis, rumah-rumah… ya, pastinya, ada harga yang telah dibayar,” kata Goldfuss.

“Tapi lihatlah sekeliling. Kami berada di lingkungan biasa dan ada lubang di setiap tempat yang dapat Anda temukan. Ada poros di TK, ada poros di sekolah, ada poros di masjid, ada poros di supermarket, kemana pun pergi,” ujarnya.

CNN tidak dapat memverifikasi klaim Goldfuss karena Israel tidak mengizinkan jurnalis melakukan perjalanan ke Gaza secara mandiri. Namun, kompleks terowongan yang dikunjungi CNN pada Minggu itu berada di bawah kawasan pemukiman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)