Spanyol Akhirnya Dukung Kesepakatan Brexit

Minggu, 25 November 2018 - 00:11 WIB
Spanyol Akhirnya Dukung Kesepakatan Brexit
Spanyol Akhirnya Dukung Kesepakatan Brexit
A A A
BRUSSELS - Uni Eropa (UE) begerak lebih dekat untuk menyegel perjanjian Brexit setelah Spanyol mencapai kesepakatan dengan Inggris atas Gibraltar. Masa depan wilayah Gibraltar yang masih menjadi sengketa dengan Inggris adalah hambatan utama pada KTT UE.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengumumkan bahwa Madrid akan mendukung kesepakatan Brexit setelah Inggris dan Uni Eropa setuju untuk memberikan Spanyol sebuah kata di masa depan wilayah Gibraltar yang disengketakan, yang terletak di ujung selatan negara Mediterania.

"Kesepakatan itu akan memungkinkan kita untuk bernegosiasi langsung dengan Inggris tentang Gibraltar," kata Sanchez seperti dilansir dari AP, Sabtu (24/11/2018).

"Kesepakatan yang dicapai akan memberikan Spanyol jaminan mutlak untuk menyelesaikan konflik yang telah berlangsung selama lebih dari 300 tahun sebelum Spanyol dan Inggris," ujar Sanchez.

Sesaat sebelum Sanchez berbicara di istana presiden Moncloa di Madrid, juru bicara Uni Eropa Preben Aamann men-tweet bahwa setelah percakapan telepon antara Sanchez dan Presiden Dewan Uni Eropa Donald Tusk "kita lebih dekat" untuk kesepakatan sebelum KTT Brussels ketika para pemimpin Uni Eropa seharusnya menandatangani pada perjanjian Brexit antara Inggris dan Uni Eropa.

Wilayah kecil Gibraltar - diserahkan ke Inggris pada 1713 tetapi masih diklaim oleh Spanyol - adalah satu-satunya perselisihan yang tersisa menggantung sebelum pertemuan dan telah berubah menjadi batu sandungan.

Pada hari Jumat, Spanyol mengatakan tidak akan mendukung kesepakatan Brexit kecuali mendapat jaminan atas pernyataannya tentang masa depan Gibraltar.

Baca Juga: Spanyol Ancam Tolak Kesepakatan Brexit
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3981 seconds (0.1#10.140)