AS Akan Pasang Peluncur Rudal Tomahawk SM-6 di Asia

Minggu, 07 April 2024 - 20:02 WIB
loading...
AS Akan Pasang Peluncur Rudal Tomahawk SM-6 di Asia
AS akan pasang peluncur rudal tomahawk di Asia. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - AS akan mengerahkan peluncur berbasis darat yang mampu menembakkan rudal SM-6 dan Tomahawk di kawasan Indo-Pasifik “segera” untuk mengatasi “meningkatnya ancaman keamanan,” di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan Kantor Berita Yonhap selama kunjungannya ke Korea Selatan, Jenderal Charles Flynn, komandan Angkatan Darat AS di Pasifik, mengatakan bahwa tentaranya telah mengembangkan “tembakan presisi jarak jauh”, dengan menyebutkan pencegat SM-6 dan serangan maritim Tomahawk. sebagai rudal yang dapat diluncurkan dari sistem peluncuran baru.

Pengumuman tersebut, yang bertepatan dengan latihan kontra-militer yang dilakukan China, Amerika Serikat, dan sekutunya di Laut Cina Selatan yang disengketakan, menandai konfirmasi pertama mengenai jenis sistem persenjataan yang akan digunakan di wilayah tersebut pada tahun ini.

Sistem persenjataan ini akan dikerahkan di wilayah tersebut untuk pertama kalinya sejak AS dan bekas Uni Soviet menandatangani perjanjian pada tahun 1987 untuk menghapuskan Pasukan Nuklir Jarak Menengah (INF).

AS menarik diri dari perjanjian INF pada tahun 2019, dengan alasan dugaan pelanggaran oleh Rusia.



Tentara AS telah mengembangkan dan mengerahkan rudal jarak menengah baru di tengah meningkatnya pengaruh Tiongkok di kawasan Indo-Pasifik.

“Sistem itu akan segera diterapkan di wilayah tersebut. Ke mana dan kapan sistem itu akan dikirim, saya tidak akan membicarakannya sekarang,” kata Flynn.

SM-6 mampu mencegat rudal balistik dengan jangkauan lebih dari 240 kilometer (149 mil), sedangkan Tomahawk, sebuah rudal jelajah subsonik, dapat menyerang sasaran sekitar 2.500 kilometer (1.553 mil) jauhnya.

Flynn, yang juga mengunjungi Jepang dan Thailand selama kunjungannya ke tiga negara di Asia, menyampaikan keprihatinan atas serangkaian uji coba rudal yang dilakukan Korea Utara baru-baru ini, dan menunjukkan kepercayaan terhadap “sistem pertahanan rudal yang terintegrasi dan berlapis” yang dimiliki aliansi tersebut.

“Pengujian yang berkelanjutan sangat memprihatinkan dan, dalam banyak hal, mengganggu stabilitas. Saya yakin, mengingat aktivitas kami baru-baru ini di kawasan ini, pertahanan rudal berlapis dari apa yang kami miliki,” katanya.

Korea Utara pada hari Rabu melakukan uji coba rudal balistik jarak menengah hipersonik baru, mengklaim semua rudalnya sekarang berbahan bakar padat dan berkemampuan nuklir dengan kemampuan kontrol hulu ledak.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0965 seconds (0.1#10.140)