Bangladesh Batalkan Pemulangan Kembali Pengungsi Rohingya

Jum'at, 16 November 2018 - 09:02 WIB
Bangladesh Batalkan Pemulangan Kembali Pengungsi Rohingya
Bangladesh Batalkan Pemulangan Kembali Pengungsi Rohingya
A A A
COXS BAZAR - Kepala komisi pengungsi Bangladesh mengatakan rencana untuk memulai pemulangan 700 ribu Muslim Rohingya ke Myanmar pada Kamis kemarin dibatalkan. Pembatalan itu terjadi karena para pejabat tidak dapat menemukan pengungsi yang ingin kembali.

"Para pengungsi tidak mau kembali sekarang," ujar Komisaris Pengungsi Abul Kalam seperti dikutip dari AP, Jumat (16/11/2018).

Ia mengatakan bahwa para pejabat tidak bisa memaksa mereka untuk pergi, tetapi akan terus mencoba memotivasi mereka sehingga proses pemulangan itu bisa terjadi.

Beberapa orang dalam daftar repatriasi pemerintah Bangladesh menghilang ke dalam kamp pengungsian yang luas untuk menghindari dipulangkan, sementara yang lain bergabung dengan demonstrasi besar menentang rencana tersebut.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyambut perkembangan itu. Juru bicara Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi di Cox's Bazar, Firas Al-Khateeb mengatakan, tidak jelas kapan proses pemulangan itu akan dimulai lagi.

"Kami ingin repatriasi mereka, tetapi itu harus sukarela, aman dan halus," katanya.

Sementara Menteri Luar Negeri Bangladesh A.H. Mahmood Ali menegaskan pihaknya tidak akan memaksa para pengungsi untuk kembali ke Myanmar.

"Tidak ada pemulangan paksa. Kami memberi mereka tempat berteduh, jadi mengapa kami harus mengirim mereka kembali secara paksa?" ujarnya.

Lebih dari 700 ribu Muslim Rohingya telah melarikan diri ke Bangladesh dari negara bagian Rakhine di Myanmar barat. Mereka menyelamatkan diri dari pembunuhan dan penghancuran desa mereka oleh militer dan pengikut Buddha yang telah mengundang kecaman luas terhadap Myanmar.

Bangladesh telah merencanakan untuk mengirim 2.251 pengungsi sebagai kelompok awal kembali ke Myanmar dari pertengahan November dengan cara 150 per hari.

Pejabat Myanmar, berbicara Kamis malam di Ibu Kota Naypyitaw, mengatakan mereka siap untuk menerima para pengungsi. Meskipun ada jaminan, aktivis hak asasi manusia mengatakan kondisi belum aman bagi Rohingya untuk kembali.

Negosiasi untuk repatriasi telah dilakukan selama berbulan-bulan, tetapi rencana Januari lalu untuk memulai mengirim pengungsi kembali dibatalkan di tengah kekhawatiran di antara pekerja bantuan dan Rohingya bahwa kembalinya mereka akan dipenuhi dengan kekerasan.

Para pemimpin asing, termasuk Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence, mengkritik pemimpin Myanmar sekaligus pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi pekan ini di sela-sela pertemuan tingkat tinggi Negara-negara Asia Tenggara di Singapura untuk penanganan krisis Rohingya.

Tetapi pada hari Kamis, Pence mengatakan bahwa para pejabat AS "terdorong untuk mendengar bahwa" proses repatriasi akan dimulai.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan negaranya akan terus bekerja dengan mitra internasional termasuk AS untuk memastikan bahwa Rohingya sendiri adalah bagian dari setiap keputusan tentang masa depan mereka.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4832 seconds (0.1#10.140)