Israel Akan Menghadapi Pejuang Baru! Kataib Hizbullah Prsenjatai 12.000 Pejuang di Yordania

Rabu, 03 April 2024 - 21:40 WIB
loading...
Israel Akan Menghadapi Pejuang Baru! Kataib Hizbullah Prsenjatai 12.000 Pejuang di Yordania
Kataib Hizbullah akan mempersenjatai 12.000 pejuang di Yordania untuk melawan Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Faksi perlawanan Irak Kataib Hizbullah mengatakan mereka siap mempersenjatai rekan-rekannya di Yordania “untuk membela saudara-saudara kita di Palestina.”

Pengumuman tersebut dibuat oleh Abu Ali Al-Askari, seorang pejabat senior di kelompok yang didukung Iran, yang juga merupakan bagian dari koalisi Perlawanan Islam di Irak dalam Pasukan Mobilisasi Populer (PMF).

“Perlawanan Islam di Irak telah menyiapkan peralatannya untuk memperlengkapi saudara-saudara kita, Mujahidin Perlawanan Islam di Yordania, untuk memenuhi kebutuhan 12.000 pejuang dengan senjata ringan dan menengah, peluncur anti-lapis baja, rudal taktis, amunisi dan berton-ton bahan peledak,” kata Al-Askari di Telegram, dilansir Middle East Monitor.

“Upaya ini bertujuan untuk membentuk kekuatan terpadu untuk membela saudara-saudara kita di Palestina. Mari kita mulai dengan gangguan jalur darat menuju entitas Zionis.”

Yordania terkenal sebagai salah satu negara Arab yang telah membuka jembatan darat ke negara pendudukan untuk melewati blokade Laut Merah yang dilakukan Houthi, menyediakan makanan dan barang, meskipun hal ini dibantah oleh pemerintah.

Para pengunjuk rasa berkumpul di luar Kedutaan Besar Israel di Amman sehubungan dengan perang yang sedang berlangsung di Gaza dan menuntut penutupan jalur perdagangan.

Komentar Al-Askari juga muncul setelah serangan udara Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus, yang menewaskan dua anggota senior Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran. Pembunuhan yang ditargetkan ini terjadi setelah serangan pesawat tak berawak beberapa jam sebelumnya di kota pelabuhan Eilat di Israel selatan, yang diklaim oleh Perlawanan Islam di Irak.



Semakin banyak pengunjuk rasa berkumpul di depan kedutaan. Mereka nampaknya lebih terorganisir dan mengajukan lebih banyak tuntutan meskipun ada upaya diplomatik yang intens dari Yordania untuk segera mencapai gencatan senjata di Gaza dan memberikan bantuan kepada Palestina.

Menurut Asharq Al-Awsat, seorang pejabat keamanan Irak menolak pengumuman Kataib Hezbollah. “Situasi di Irak tidak memungkinkan untuk mempersenjatai kelompok di luar negeri dengan tujuan melakukan aktivitas ‘mencurigakan’,” kata pejabat tersebut, yang tidak mau disebutkan namanya. “Irak tidak akan membiarkan pelanggaran kedaulatan negara tetangganya.” Dia menambahkan bahwa “tidak ada indikasi di lapangan” bahwa senjata dapat dikirimkan kepada para pejuang di Yordania.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)