7 Dampak Runtuhnya Jembatan Baltimore di AS

Minggu, 31 Maret 2024 - 18:55 WIB
loading...
7 Dampak Runtuhnya Jembatan Baltimore di AS
Runtuhnya jembatan Baltimore yang ditabrak kapal Singapura menyebabkan kerugian besar bagi AS. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Runtuhnya jembatan besar di Baltimore awal pekan ini telah menyebabkan terhentinya lalu lintas kapal di Pelabuhan Baltimore, salah satu pelabuhan tersibuk di Amerika Serikat .

Pada hari Rabu, dilaporkan bahwa Maryland akan menerima dana awal sebesar USD60 juta dari pemerintah federal ketika otoritas negara bagian berupaya membersihkan puing-puing bencana. Pendanaan bantuan darurat ini untuk menutupi “mobilisasi, operasi dan pemulihan puing-puing”, kata negara bagian tersebut.

7 Dampak Runtuhnya Jembatan Baltimore di AS

1. Tragedi Besar bagi AS

7 Dampak Runtuhnya Jembatan Baltimore di AS

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Maryland, sebuah jembatan baja yang dibuka pada tahun 1977 yang membentang di bagian hilir Sungai Patapsco dan bagian luar pelabuhan Baltimore, runtuh ketika sebuah kapal kontainer menabrak salah satu pilar penyangganya sekitar pukul 01:27 pada hari Selasa lalu.

Mobil yang melintasi jembatan terjatuh ke sungai, dan enam pekerja hilang dan kini diperkirakan tewas.

Kapal berbendera Singapura yang menabrak jembatan itu bernama Dali dan sedang menuju Sri Lanka. Seluruh awak pesawat yang berjumlah 22 orang serta dua pilot telah dilaporkan dan tidak ada laporan korban luka.

Sejak kejadian itu, lalu lintas kapal untuk keluar masuk pelabuhan terhenti. Namun pelabuhan tersebut tidak ditutup dan truk masih diproses di dalam terminal laut.


2. Mengganggu Ekonomi AS

7 Dampak Runtuhnya Jembatan Baltimore di AS

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Pelabuhan Baltimore adalah pelabuhan AS terbesar kesembilan dalam hal volume perdagangan keseluruhan. Perusahaan ini menangani kargo termasuk mobil, mesin, peralatan pertanian, gas alam cair, dan gula.

Pada tahun 2023, pelabuhan tersebut menangani sekitar 50 juta ton dan USD80 miliar kargo yang bergerak antara AS dan negara lain.

Pelabuhan tersebut memproses 847.158 mobil tahun lalu, menurut angka dari negara bagian Maryland. Sekitar 70 persen di antaranya diimpor.

3. Mengguncang Ekspor Batu Bara AS

7 Dampak Runtuhnya Jembatan Baltimore di AS

Foto/Reuters

Hampir 20 persen ekspor batu bara AS melewati Baltimore.

Lebih dari 50 perusahaan pelayaran laut dan kapal pesiar melakukan bisnis dengan pelabuhan tersebut, menurut negara bagian tersebut. Kapal mereka mengunjungi pelabuhan sekitar 1.800 kali per tahun.

4. Kerugiannya Mencapai USD15 Juta per Hari

7 Dampak Runtuhnya Jembatan Baltimore di AS

Foto/Reuters

Dalam pengarahan di lokasi jembatan runtuh, Perwakilan AS untuk Maryland, David Trone, mengatakan bahwa pejabat negara bagian dan federal memperkirakan penutupan pelabuhan akan merugikan perekonomian sebesar USD15 juta per hari.

Selain itu, pelabuhan secara langsung mendukung lebih dari 15.000 pekerjaan, dengan tambahan 140.000 pekerjaan bergantung pada aktivitas pelabuhan secara keseluruhan, menurut kantor Gubernur Maryland Wes Moore.

Hal ini tidak berarti bahwa orang-orang ini akan diberhentikan, namun kemacetan yang lebih sedikit berarti mereka mempunyai lebih sedikit pekerjaan yang harus dilakukan. Sebagai pekerja harian, mereka mungkin kehilangan upah.

Penundaan juga dapat terjadi pada perusahaan dan pelanggan karena paket yang akan diproses di pelabuhan harus dialihkan ke tempat lain.

Kerugian akibat runtuhnya jembatan kemungkinan besar akan memberikan pukulan berat pada sektor asuransi. Pekan lalu, Bloomberg melaporkan bahwa perusahaan asuransi dapat menghadapi klaim sebesar USD3 miliar – termasuk klaim atas kerusakan pada jembatan itu sendiri, tanggung jawab atas kematian yang tidak wajar, dan gangguan terhadap bisnis yang disebabkan oleh penutupan pelabuhan karena kapal-kapal yang menuju Baltimore harus menanggung kerugian. pergi ke tempat lain.

Bruce Carnegie-Brown, ketua pasar asuransi Lloyd di London, tempat banyak perusahaan asuransi yang menghadapi klaim atas insiden ini bermarkas, mengatakan kepada Reuters bahwa keruntuhan tersebut kemungkinan akan menyebabkan “kerugian asuransi bernilai miliaran dolar” dan bisa menjadi “kerugian asuransi terbesar.” kerugian asuransi laut tunggal”.

Perkiraan waktu kedatangan kapal tujuan Baltimore meningkat dua kali lipat antara Senin dan Selasa, menurut Windward, sebuah perusahaan maritim
perusahaan manajemen isk. Windward juga memperkirakan kapal yang dijadwalkan menuju Baltimore akan tertunda setidaknya 24 hari.

Namun, para ahli mengatakan bahwa dampak langsung dari penangguhan tersebut seharusnya dapat dikendalikan dalam jangka pendek. Lagipula, pelabuhan Baltimore hanya menampung 4 persen dari seluruh volume perdagangan Pantai Timur.

5. Banyak Perusahaan Bangkrut

7 Dampak Runtuhnya Jembatan Baltimore di AS

Foto/Reuters

Beberapa perusahaan yang menggunakan pelabuhan tersebut mengatakan penangguhan tersebut tidak akan berdampak negatif terhadap operasi jangka pendek. Perusahaan gula terbesar di AS, ASR group, melaporkan bahwa mereka memiliki stok gula mentah selama enam hingga delapan minggu di kilang Baltimore, yang dipasok oleh kapal-kapal yang datang ke pelabuhan.

Berkshire Hathaway Energy, operator terminal gas alam cair Cove Point, juga mengatakan operasinya tidak terkena dampak langsung. Produsen mobil Jerman BMW mengatakan, selain kemacetan lalu lintas jangka pendek, pihaknya memperkirakan tidak ada dampak jangka pendek lainnya. Volkswagen, Mercedes dan General Motors juga memperkirakan tidak akan ada dampak apa pun selain penundaan.

Namun, kepala keuangan Ford Motor Company John Lawler mengatakan kepada Reuters pada hari Selasa: “Kami harus mengalihkan suku cadang ke pelabuhan lain… Ini mungkin akan sedikit memperpanjang rantai pasokan.”

6. Rute Pelayaran Akan Dialihkan

7 Dampak Runtuhnya Jembatan Baltimore di AS

Foto/Reuters

Kapal-kapal yang menuju Baltimore saat ini berlabuh di luar pelabuhan dan menunggu untuk dialihkan ke pelabuhan lain di sepanjang Pantai Timur di AS.

Pelabuhan di Philadelphia, Wilmington, Delaware; Newark, New Jersey; Norfolk; Charleston, Carolina Selatan; Jacksonville, Florida; dan Georgia juga dapat mendapatkan kargo tambahan.

Meskipun Otoritas Pelabuhan Georgia, yang memiliki pelabuhan di Savannah dan Brunswick, mengatakan pihaknya memiliki kapasitas untuk menerima lebih banyak kargo, namun mereka tidak dapat mengimbangi Baltimore dengan sendirinya.

Sebagian dari operasi Baltimore masih beroperasi, di sebelah timur jembatan yang runtuh, kata pihak pelabuhan. Oleh karena itu, mereka masih dapat menangani mobil dari perusahaan termasuk BMW dan Volkswagen.

7. Rantai Pasokan Logistik Terganggu

7 Dampak Runtuhnya Jembatan Baltimore di AS

Foto/Reuters

Pakar rantai pasokan mengatakan infrastruktur pelabuhan AS lebih kuat dibandingkan pada tahun 2021 dan 2022 ketika bisnis kekurangan staf dan kesulitan dengan tumpukan kapal dan kontainer akibat pandemi COVID-19. Hal ini menyebabkan harga konsumen melonjak. Para ahli tidak memperkirakan hal ini akan terjadi dalam skala luas saat ini.

“Runtuhnya Jembatan Francis Scott Key di Maryland merupakan pengingat lain akan kerentanan AS terhadap guncangan rantai pasokan, namun peristiwa ini akan memiliki implikasi ekonomi yang lebih besar terhadap perekonomian Baltimore dibandingkan secara nasional,” Ryan Sweet, kepala ekonom AS di Oxford Economics, tulisnya dalam sebuah catatan.

“Kami tidak mengantisipasi bahwa gangguan terhadap perdagangan atau transportasi akan terlihat pada PDB AS, dan dampaknya terhadap inflasi tidak terlalu besar,” tambahnya.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)