5 Alasan Pemilu Wali Kota Istanbul Menjadi Kunci Masa Depan Turki

Kamis, 28 Maret 2024 - 20:38 WIB
loading...
A A A
Kini, dalam usia 70 tahun, ia sebelumnya mengatakan ini akan menjadi pemilu terakhirnya. Dia sedang menjalani masa jabatan ketiga sebagai presiden dan tidak dapat memerintah setelah tahun 2028 berdasarkan konstitusi.

Namun dia belum memilih penggantinya dan Ihsan Akstas mengatakan sangat sulit untuk menentukan siapa yang mungkin menggantikannya sebagai ketua AKP.

“Ketika kami bertanya kepada lembaga survei siapa yang ingin mereka gantikan Erdogan, mereka tidak bisa memikirkan siapa pun. Ini merupakan tantangan bagi partai.”

5. Pusat dan Simbol Politik Turki

5 Alasan Pemilu Wali Kota Istanbul Menjadi Kunci Masa Depan Turki

Foto/Reuters

Para pengkritik Erdogan percaya bahwa memenangkan kembali Istanbul mungkin akan digunakan untuk mengkonsolidasikan kekuasaannya baik di tingkat nasional maupun lokal, dengan potensi perubahan pada konstitusi yang akan memberinya masa jabatan lagi sebagai presiden.

Tidak seperti pemilu baru-baru ini, Erdogan juga mempunyai keuntungan karena oposisi tidak lagi bersatu dan jajak pendapat menunjukkan persaingan di Istanbul bisa saja bersaing ketat.

Ekrem Imamoglu menang pada tahun 2019 dengan dukungan koalisi enam partai yang terdiri dari nasionalis, sekuler, liberal, konservatif, Islamis dan, yang paling penting, Kurdi. Istanbul memiliki populasi Kurdi yang sangat besar.

Namun oposisi tersebut runtuh setelah kekalahan presiden tahun lalu dan partai-partai oposisi lainnya, termasuk Partai DEM yang pro-Kurdi, memiliki kandidat mereka sendiri dalam pemilihan ini.

Hal ini dapat merusak peluang Imamoglu untuk menang. Tapi perubahan lain juga bisa merusak harapan Murat Kurum. Sebuah partai Islam baru yang disebut Partai Kesejahteraan Baru dapat mengambil suara darinya, karena para pemilih yang konservatif dan religius mencari alternatif selain AKP.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1019 seconds (0.1#10.140)