4 Fakta Penembakan Massal ISIS-K di Moskow, Rusia Sebut Aksi Ini Berkaitan dengan Ukraina

Rabu, 27 Maret 2024 - 14:30 WIB
loading...
A A A

3. Belasan Orang telah Tertangkap


Dalam pidato yang disiarkan televisi, Putin mengatakan 11 orang telah ditahan, termasuk empat pria bersenjata.

“Mereka mencoba bersembunyi dan bergerak menuju Ukraina, di mana, menurut data awal, sebuah jendela telah disiapkan bagi mereka di sisi Ukraina untuk melintasi perbatasan negara,” katanya.

Empat tersangka bersenjata yang dilaporkan, semuanya berasal dari Tajikistan, bekas republik Soviet.

Pernyataan pengadilan mengatakan orang-orang tersebut diidentifikasi sebagai Dalerdzhon Mirzoyev, 32; Saidakrami Rachabalizoda, 30; Syamsidin Fariduni, 25; dan Mukhammadsobir Faizov, 19, semuanya mengaku ikut serta dalam serangan dan menembak warga sipil yang tidak bersalah, menurut laporan NPR.

4. Rusia Menyebut Aksi ini Berkaitan dengan Ukraina


Meskipun ISIS-K seakan sudah jelas menjadi tersangka dalam kasus ini, Presiden Vladimir Putin tetap menganggap jika Ukraina dan Barat memiliki andil dalam kasus terorisme yang terjadi di Moskow.

Dinas keamanan FSB Rusia mengatakan orang-orang bersenjata itu mempunyai kontak di Ukraina dan ditangkap di dekat perbatasan. Dikatakan bahwa mereka akan dipindahkan ke Moskow.

Meski begitu, baik Putin maupun FSB secara terbuka belum menunjukkan bukti adanya hubungan dengan Ukraina, yang telah berperang dengan Rusia sejak invasi Moskow.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)