5 Dilema Pemilu Slovakia antara Rusia dan Barat

Senin, 25 Maret 2024 - 21:50 WIB
loading...
A A A
Melansir Al Jazeera, satu-satunya suara pro-Barat di lapangan dan satu-satunya kandidat yang mendukung perjuangan Ukraina melawan invasi Rusia, adalah mantan Menteri Luar Negeri Ivan Korcok, yang berada di urutan kedua setelah Pellegrini dalam jajak pendapat.

“Perdamaian di Ukraina bisa terjadi besok, dan itu akan terjadi ketika rezim Kremlin yang dipimpin oleh Presiden Putin berhenti membunuh orang tak berdosa dan menghancurkan seluruh negeri. Perdamaian tidak bisa berarti penyerahan diri,” kata Korcok.

Korcok juga setuju dengan Ukraina bahwa Rusia harus mengembalikan kelima wilayah yang telah mereka invasi sejak tahun 2014.

“Saya rasa Ukraina tidak harus menyerahkan sebagian wilayahnya demi mencapai perdamaian,” katanya baru-baru ini kepada kantor berita AFP.


2. Mayoritas Rakyat Slovakia Mendukung Rusia

5 Dilema Pemilu Slovakia antara Rusia dan Barat

Foto/Reuters

Meskipun banyak pihak yang mendukung Rusia, rakyat Slovakia tampaknya terbagi rata antara Korcok dan negara lainnya.

Sebuah jajak pendapat pada bulan November lalu menunjukkan bahwa 60 persen responden akan memilih Pellegrini, dibandingkan 41 persen yang memilih Korcok. Namun dalam jajak pendapat bulan Januari, keunggulan Pellegrini menyempit hingga berada dalam margin kesalahan – 40 persen berbanding 38 persen.

Jajak pendapat tanggal 18 Maret membuat mereka semakin dekat, dengan Pellegrini hanya unggul satu poin, yaitu 35 persen.

“Tidak mungkin ada orang yang memperoleh lebih dari 50 persen suara sah yang diperlukan untuk terpilih pada putaran pertama – sesuatu yang belum pernah terjadi selama hampir 25 tahun pemilihan presiden langsung,” tulis Michaela Terenzani dalam The Slovak Spectator.

Jika dia benar, pemungutan suara putaran kedua antara dua kandidat utama – kemungkinan besar Pellegrini dan Korcok – harus dilakukan pada tanggal 6 April.

3. Mayoritas Rakyat Slovakia Mendukung Ukraina

Ketika Rusia melancarkan invasi skala penuh pada dua tahun, Slovakia menjadi pendukung setia dan penyumbang senjata bagi Ukraina, tetangga sebelah timurnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1028 seconds (0.1#10.140)