6 Negara Asia yang Rawan Gempa, Ada Indonesia?

Senin, 25 Maret 2024 - 14:35 WIB
loading...
6 Negara Asia yang Rawan Gempa, Ada Indonesia?
Jepang menjadi negara yang paling rawan gempa bumi di Asia. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya enam negara Asia rawan gempa yang bisa diketahui. Salah satunya adalah Jepang.

Gempa bumi menjadi salah satu bencana alam yang mematikan. Tak hanya menyebabkan kerusakan wilayah, dampaknya juga bisa memunculkan bencana susulan seperti tsunami hingga tanah longsor.

Berkaitan dengan penyebabnya, terdapat sejumlah faktor yang berkontribusi pada terjadinya gempa bumi seperti terjadinya pergeseran lempeng tektonik. Kendati begitu, Anda tidak dapat mencegah terjadinya gempa bumi.

Melihat deretan wilayah-wilayah di dunia, benua Asia menjadi salah satu kawasan yang cukup rentan dengan bencana alam gempa bumi. Dihimpun dari berbagai sumber, Senin (25/3/2024), berikut ini sejumlah negara Asia yang rawan gempa.

Negara Asia yang Rawan Gempa


1. Jepang


Jepang menjadi salah satu negara yang cukup sering dilanda bencana gempa bumi. Beberapa di antaranya bahkan tergolong dahsyat dan menyebabkan tsunami.

Kondisi tersebut kemungkinan terjadi akibat letak Jepang yang berada di Cincin Api Pasifik. Istilah tersebut merujuk kepada sebuah kawasan di sekitar Samudera Pasifik yang rawan aktivitas tektonik dan gempa bumi.

Menurut US Geological Survey, banyaknya gempa yang melanda Jepang terjadi karena aktivitas seismik yang tinggi serta jaringan deteksi seismik yang padat. Kendati begitu, negara ini terus belajar dari pengalaman dan mengembangkan langkah-langkah mitigasi bencana.

2. Indonesia


Indonesia juga cukup rentan terkena bencana alam, termasuk gempa bumi. Beberapa kali, kekuatannya pun bisa lebih dari 6,0 SR, termasuk yang terjadi beberapa waktu lalu di Tuban, Jawa Timur (6,5 SR).

Sebagaimana Jepang, Indonesia juga berada pada Cincin Api Pasifik. Maka dari itu, tak heran apabila wilayahnya rentan terhadap bencana alam.

3. China


Berikutnya ada China. Mengutip US News, Negeri Tirai Bambu berada pada posisi di persimpangan tiga lempeng tektonik Eurasia, Pasifik, dan Samudra Hindia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)