5 Negara Asia yang Punya Pasukan Elite Paling Ditakuti

Senin, 25 Maret 2024 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Salah satu operasi yang memadukan pekerjaan semacam ini dengan perencanaan mendalam dan kemudian tindakan langsung adalah operasi penyelamatan sandera tahun 1976 di Entabbe, Uganda.

Dikenal dengan nama Operasi Thunderbolt, latar belakang misi ini adalah pembajakan penerbangan Air France yang berasal dari Tel Aviv dan membawa sejumlah penumpang Israel. Pesawat tersebut dikomandoi oleh campuran pembajak Palestina dan Jerman, yang mengalihkan pesawat ke Entebbe, bandara utama Uganda.

Di sini, mereka disambut dan dilindungi oleh diktator Idi Amin dan sejumlah tentaranya. Para pembajak memisahkan penumpang Yahudi Israel dan non-Israel yang mereka sandera, menuntut pembebasan gerilyawan Palestina atau pro-Palestina yang ditahan oleh Israel.

Operasi penyelamatan ini, sama seperti misi Pasukan Khusus, merupakan contoh nyata dari prajurit elit yang cerdas dan berani.

Misi tersebut didukung oleh pasukan terjun payung dan anggota Pasukan Pertahanan Israel (IDF) lainnya dari Brigade Golani, yang melakukan semacam dukungan Pasukan Khusus dengan membantu mengamankan bandara dan landasan pacu. Sementara itu, operator Sayeret Maktal sendiri masuk ke bandara dengan berpura-pura menjadi Presiden Idi Amin.

Tiba dengan pesawat kargo C-130 yang menyamar pada saat orang Uganda sedang menunggu pengiriman kargo, mereka mengendarai sebuah Mercedes Sedan hitam yang terlihat seperti milik presiden yang turun dari salah satu C-130 untuk membingungkan para penjaga. Operator Sayeret Maktal lainnya menyamar sebagai petugas keamanannya di jip.

Bersama-sama, mereka berkendara ke terminal bandara tempat para sandera ditahan dan dua penjaga menantang mereka yang berada di dalam Mercedes. Mereka ditembak mati oleh operator Sayeret Maktal, memperingatkan para pembajak dan sekutu mereka di Uganda. 29 operator Sayeret Maktal kemudian bergegas ke terminal bandara dan menembak mati delapan pembajak, sementara yang lain menyerang para penjaga dan menghancurkan delapan pesawat tempur MiG sehingga mereka tidak dapat mengejar pasukan komando dan sandera Israel kembali ke Israel.

Tiga sandera tewas dalam operasi tersebut, begitu pula komandan misi Sayeret Matkal, Letnan Kolonel Yonatan Netanyahu, saudara laki-laki calon presiden Israel Benjamin Netanyahu. Namun, operasi tersebut sebagian besar sukses, yang berujung pada pembebasan para sandera dan awak pesawat – sekali lagi, sebuah contoh keberhasilan operasi aksi langsung, kontra-teroris, dan penyelamatan sandera.

5. Pakistan

5 Negara Asia yang Punya Pasukan Elite Paling Ditakuti

Foto/Reuters

Beralih dari sejarah operasional sebenarnya hingga spekulasi, dilaporkan bahwa pelatihan untuk Kelompok Layanan Khusus (SSG) elit Pakistan memerlukan penyelesaian lari sejauh 36 mil dalam 12 jam dan lari sejauh lima mil, dengan peralatan lengkap, hanya dalam 20 menit.

Namun secara fisik hal ini mustahil dilakukan. Berlari mil dalam 20 menit membutuhkan seseorang untuk menyelesaikan lima mil empat menit berturut-turut. Hanya satu orang – Daniel Komen – yang pernah berhasil berlari dua mil berturut-turut dalam waktu empat menit, sehingga muncul gagasan bahwa siapa pun dapat berlari lima mil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0930 seconds (0.1#10.140)