5 Negara Asia yang Punya Pasukan Elite Paling Ditakuti

Senin, 25 Maret 2024 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Macan Putih pada dasarnya adalah kelompok elit di dalam kelompok elit, yang berasal dari seluruh militer Korea Selatan, dan terdiri dari laki-laki dan perempuan yang mampu bertugas di dalam unit tersebut. Apapun jenis kelamin atau latar belakangnya, semua anggota wajib memiliki sabuk hitam Tae Kwan Do.

Mereka juga harus melakukan latihan di salju dan sungai yang membeku sebagai bagian dari pelatihan cuaca dingin. Dan mereka dilatih untuk para dan SCUBA, dan dipersiapkan untuk evakuasi helikopter, menuruni gedung, menembus jendela, dan terjun payung berkecepatan tinggi, di antara misi-misi lainnya.

Semua ini tampaknya menunjukkan bahwa mereka berpengetahuan luas dan sangat terlatih serta mampu melakukan misi yang sama seperti unit Pasukan Khusus tingkat tinggi barat seperti SAS dan US Navy SEAL. Cukup tepat, mengingat referensi video game yang dibuat di atas, bahkan ada operasi Pasukan Khusus berasal dari batalion Macan Putih bernama K Song yang muncul di antara mereka dalam game 'Call of Duty: Black Ops Cold War'.

3. Korea Utara

5 Negara Asia yang Punya Pasukan Elite Paling Ditakuti

Foto/Reuters

Korea Utara juga terkenal memiliki tentara Pasukan Khusus, meskipun sedikit rincian yang tersedia tentang mereka menunjukkan bahwa tujuan penggunaan tentara tersebut sangat berbeda dari model barat.

Berbicara pada tahun 2018, pensiunan Letnan Jenderal Korea Selatan In-Bum Chun mengatakan penggunaannya akan difokuskan pada penetrasi dan gangguan yang dalam. Lebih tepatnya, peran Pasukan Khusus Korea Utara dalam konflik di masa depan adalah untuk menerobos garis pertahanan Korea Selatan dan mengepung posisi-posisi penting seperti artileri, memutus pasokan dan penguatan mereka.

Pengisolasian unit pendukung yang lebih ke belakang ini pada akhirnya akan memungkinkan mereka dihancurkan oleh pasukan konvensional Korea Utara yang datang dari belakang.

4. Israel

5 Negara Asia yang Punya Pasukan Elite Paling Ditakuti

Foto/Reuters

Melansir Force.net, berbeda dengan unit monyet yang sangat tidak konvensional, Sayeret Matkal Israel lebih mirip dengan unit Pasukan Khusus Barat.

Faktanya, Neville menceritakan bahwa awalnya ia meniru SAS dan menggunakan moto yang sama: "Siapa yang berani, menang."

Ia juga menjelaskan bahwa meskipun awalnya merupakan semacam unit pengintaian khusus, kewenangannya berkembang hingga mencakup peran kontra-terorisme dan aksi langsung.

Dalam artikel tentang delapan unit Pasukan Khusus paling elit di dunia, Independent menyebutkan bahwa peran utama Sayeret Matkal adalah pengumpulan intelijen. Hal ini sering kali berarti beroperasi jauh di belakang garis musuh, sehingga tampaknya pesawat ini tetap mempertahankan aspek warisan pengintaian khususnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)