Mengapa ISIS Tak Pernah Menyerang Israel dan Amerika Serikat?

Minggu, 24 Maret 2024 - 14:03 WIB
loading...
A A A
Terlepas dari kenyataan bahwa jumlah anggota ISIS di Suriah dan Irak dipenuhi oleh para pejuang dari seluruh dunia, artikel tersebut menyerukan para jihadis untuk melakukan perlawanan terhadap “orang-orang kafir” yang paling dekat dengan mereka. Oleh karena itu, memerangi Yahudi sebaiknya diserahkan kepada umat Islam di Israel/Palestina, sedangkan umat Islam Suriah harus melawan Bashar Assad dan umat Islam Mesir harus melawan Abdel-Fattah el-Sissi.

Argumen utama yang dikemukakan artikel tersebut adalah bahwa ketika rezim Arab, yang seharusnya membela Israel, digulingkan, maka pasukan jihad dapat tiba “di perbatasan Negara Yahudi dan menghadapi tentaranya secara langsung.”

Melansir Time of Israel, meskipun sebagian besar artikel tersebut berupaya untuk meremehkan pentingnya perjuangan Palestina di kalangan para jihadis, penulisnya masih percaya bahwa adalah kewajiban agama setiap Muslim untuk membantu menyelamatkan Palestina dari “lingkungan orang-orang Yahudi.”

Hal ini karena tanah tersebut pernah menjadi bagian dari kerajaan Islam, dan oleh karena itu, terdapat keharusan agama bagi seluruh umat Islam untuk membantu membawanya kembali ke “rumah Islam,” kata artikel itu.

4. Memiliki Strategi Menghancurkan Musuh yang Dekat

Mengapa ISIS Tak Pernah Menyerang Israel dan Amerika Serikat?

Foto/Reuters

Daniel L. Byman, peneliti Brookings, mengungkapkan ISIS tidak mengikuti strategi “musuh jauh seperti Al Qaeda, dan lebih memilih strategi “musuh dekat”, meskipun pada tingkat regional. Oleh karena itu, target utama ISIS bukanlah Amerika Serikat, melainkan rezim “murtad” di dunia Arab—yaitu rezim Asad di Suriah dan rezim Abadi di Irak.

"Seperti para pendahulunya, Baghdadi memilih untuk memurnikan komunitas Islam terlebih dahulu dengan menyerang kelompok Syiah dan agama minoritas lainnya serta kelompok jihadis saingannya. Daftar panjang musuh ISIS termasuk Syiah Irak, Hizbullah Lebanon, Yazidi (minoritas etno-agama Kurdi yang sebagian besar tinggal di Irak), dan kelompok oposisi saingannya di Suriah (termasuk Jabhat al-Nusra)," ungkap Byman.

Seolah-olah sebagai respons terhadap intervensi Amerika Serikat dan pihak lain dalam konflik tersebut, warga sipil Barat di wilayah tersebut (termasuk jurnalis dan pekerja bantuan kemanusiaan) juga menjadi sasaran—meskipun ISIS melihat mereka sebagai musuh sebelum intervensi AS.

5. Membangun Afiliasi yang Kuat

Mengapa ISIS Tak Pernah Menyerang Israel dan Amerika Serikat?

Foto/Reuters

ISIS mengaku memimpin gerakan jihad di seluruh dunia Muslim. Setelah 11/9, Al Qaeda mulai membuat afiliasi atau menjalin aliansi dengan kelompok-kelompok yang sudah ada, memperluas jangkauannya namun pada saat yang sama mengekspos mereknya pada kelakuan buruk kelompok-kelompok lokal, seperti yang terjadi di Irak.4 Sebagai bagian dari persaingannya dengan kelompok Islam.

"ISIS telah meningkatkan afiliasi, menjalin hubungan dengan kelompok-kelompok di Kaukasus, Tunisia, dan India. ISIS juga memainkan permainan ini, dan di mana pun ada seruan untuk berjihad, pasti ada persaingan. Afghanistan, Aljazair, Libya, Pakistan, Sinai, Yaman, dan negeri-negeri Muslim lainnya menjadi bagian dari kompetisi tersebut," kata Byman.

ISIS telah mendapat dukungan dari sejumlah kelompok jihad penting. Boko Haram di Nigeria dan Ansar Bayt al-Maqdis di Mesir keduanya secara resmi berjanji setia kepada ISIS dan kini dianggap sebagai afiliasi resmi atau “provinsi” ISIS; per Maret 2015, ISIS telah secara resmi mengakui tujuh provinsi, termasuk di Libya, tempat asal banyak pejuang asingnya, dan di Yaman, yang kini bersaing langsung dengan Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP).

6. Fokus Menguasai Wilayah Tertentu

Mengapa ISIS Tak Pernah Menyerang Israel dan Amerika Serikat?

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1041 seconds (0.1#10.140)