PM Irlandia yang Getol Bela Palestina Tiba-tiba Mundur, Ada Apa?

Kamis, 21 Maret 2024 - 10:30 WIB
loading...
PM Irlandia yang Getol Bela Palestina Tiba-tiba Mundur, Ada Apa?
PM Irlandia Leo Eric Varadkar, yang getol membela Palestina, tiba-tiba mengumumkan akan mengundurkan diri. Foto/REUTERS
A A A
DUBLIN - Perdana Menteri (PM) Irlandia Leo Eric Varadkar pada hari Rabu mengumumkan bahwa dia akan segera mengundurkan diri dari jabatannya.

Pengumuman mendadak ini muncul setelah Varadkar, dalam berbagai kesempatan, begitu getol membela rakyat Palestina yang dibombardir secara brutal oleh Israel di Jalur Gaza.

Beberapa hari sebelumnya, dia melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Washington, D.C., di mana Varadkar menyindir Amerika karena senjatanya digunakan militer Zionis untuk membantai warga Gaza.

Pada konferensi pers, Varadkar mengatakan dia mengundurkan diri sebagai presiden Partai Fine Gael yang efektif pada hari Rabu.



Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa dirinya juga akan mundur dari jabatan PM, yang dikenal sebagai Taoiseach, setelah penggantinya siap untuk mengambil peran tersebut.

Pemilihan umum (pemilu) Irlandia akan diadakan sebelum 16 April.

Varadkar menjabat sebagai Taoiseach sejak Desember 2022, dan sebelumnya pada 2017 hingga 2020.

Dalam pidato perpisahannya, Varadkar memperjuangkan beberapa pencapaian, termasuk bagaimana Irlandia telah menerima lebih dari 100.000 pengungsi Ukraina sejak invasi Rusia.

“Tentu saja, ada beberapa bidang yang kurang berhasil dan ada pula yang sayangnya mengalami kemunduran, namun saya harap Anda memaafkan saya jika saya menyerahkan kepada orang lain untuk menunjukkannya pada hari seperti ini. Mereka akan mendapat banyak waktu tayang dan ruang kolom,” katanya.

"Saya tahu ini akan mengejutkan banyak orang dan mengecewakan beberapa orang, dan saya harap setidaknya Anda memahami keputusan saya. Saya tahu bahwa orang lain, bagaimana saya harus mengatakannya, akan menerima berita itu dengan baik. Itu adalah hal hebat tentang hidup dalam demokrasi," paparnya, tanpa merinci alasan di balik pengunduran dirinya, sebagaimana dikutip Fox News, Kamis (21/3/2024).

“Tidak ada waktu yang tepat untuk mengundurkan diri dari jabatan tinggi; namun, ini adalah saat yang paling tepat. Anggaran tahun 2024 telah selesai. Perundingan belum dimulai pada anggaran berikutnya. Lembaga-lembaga Perjanjian Jumat Agung telah bekerja kembali, dan hubungan perdagangan kami dengan Inggris di era pasca-Brexit sudah mapan dan stabil,” katanya.

“Alasan saya mengundurkan diri bersifat pribadi dan politis,” katanya, seraya menambahkan bahwa ia akan tetap menjabat di Teachta Dála, atau majelis rendah Parlemen, untuk Dublin Barat.

“Politisi adalah manusia, dan kita mempunyai keterbatasan. Kita memberikan segalanya yang tidak bisa kita lakukan lagi, dan kemudian kita harus melangkah maju,” katanya.

"Saya tahu pasti akan ada spekulasi mengenai alasan sebenarnya dari keputusan saya. Itu saja. Saya tidak punya rencana lain. Saya tidak punya rencana apa pun. Saya tidak punya rencana pribadi atau politik yang pasti. Tapi saya sangat menantikan waktu untuk memikirkannya."

Varadkar, terakhir kali menyuarakan pembelaannya pada Palestina ketika melakukan pertemuan dengan Biden di Washington pada hari Minggu.

"Rakyat Gaza sangat membutuhkan makanan, obat-obatan dan tempat berlindung," kata Varadkar di Washington.

"Terutama mereka membutuhkan bom untuk menghentikan serangan," lanjut dia.

Dia mengatakan aspirasi rakyat Palestina untuk memiliki tanah air dan negara yang utuh di tanah nenek moyang mereka setara dengan keinginan Israel. Karenanya, lanjut Varadkar, rakyat Irlandia sangat prihatin dengan bencana yang "terjadi di depan mata" di Gaza.

"Kami melihat sejarah kami di mata mereka, sebuah kisah tentang pengungsian, perampasan, dan (yang mana) pertanyaan tentang identitas nasional ditolak," katanya, mengacu pada perjuangan Irlandia menentang pemerintahan Inggris.

"Emigrasi paksa, diskriminasi, dan sekarang kelaparan," katanya.

"Selalu percaya Amerika adalah kekuatan untuk kebaikan di dunia.... untuk menjamin gencatan senjata kemanusiaan dan menciptakan ruang bagi perdamaian abadi," imbuh dia.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)