Kekuatan Militer Haiti, Negara yang Tak Berdaya Hadapi Gangster

Senin, 18 Maret 2024 - 13:28 WIB
loading...
A A A
Militer Haiti yang bernama resmi Angkatan Bersenjata Haiti (FADH) memang lemah dibandingkan dengan banyak negara di kawasan setempat.

GlobalFirePower (GFP) bahkan tidak memasukkan nama Haiti dalam daftar peringkat kekuatan militer dunia.

FADH diketahui memiliki sekitar 5.000 personel aktif. Itu terbagi dalam Angkatan Darat 4.000 personel, Angkatan Laut 500 personel, Angkatan Udara 500 personel. Sedangkan personel cadangan sekitar 500 orang.

Sebagai perbandingan, Republik Dominika memiliki sekitar 35.000 personel militer aktif.

Militer Haiti juga tidak memiliki peralatan tempur modern layaknya militer negara lain. Ia tidak memiliki jet tempur, kapal perang, kapal selam, dan peralatan tempur lain.

Pesawat dan kapal yang dimiliki hanyalah kendaraan patroli kecil.

Sedangkan senjata andalan yang dimiliki tentaranya antara lain senapan serbu M4, senapan AK-47, pistol Glock, dan granat tangan.

Militer Haiti dikenal bersamalah. Selain anggarannya yang kecil sehingga sulit membeli peralatan tempur baru dan memelihara peralatan yang ada, praktik korupsi juga menggerogoti korps militer.

Yang bisa diandalkan negara ini untuk mengatasi masalah keamanannya adalah melakukan kerja sama dengan beberapa negara lain, seperti Amerika Serikat dan Kanada, yang tujuannya untuk mendapatkan bantuan dalam hal pelatihan dan peralatan.

Militer Haiti seperti tak terurus, karena negara ini memang tidak memprioritaskannya. Pemerintah selama ini lebih fokus pada masalah lain, seperti kemiskinan, pendidikan, dan kesehatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2349 seconds (0.1#10.140)