Siapa Robert Hur? Penyidik Skandal Dokumen Rahasia yang Tuding Presiden Joe Biden Mengalami Gangguan Jiwa

Senin, 18 Maret 2024 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Putra seorang imigran Korea, Hur lulus dari Harvard College dan Stanford Law School.

Dia bertemu calon istrinya, yang saat itu adalah mahasiswa hukum Cara Brewer, pada tahun 2002 di kereta bawah tanah Washington DC saat dia mempelajari beberapa catatan hukum, dan langsung mengundangnya keluar untuk makan malam. Mereka menikah dua tahun kemudian.



Hur ditunjuk pada tahun 2017 oleh Presiden Trump sebagai kepala petugas penegak hukum federal di Maryland.

Dalam perannya tersebut, ia menangani sejumlah kasus penting, termasuk tuduhan penggelapan pajak terhadap mantan Walikota Baltimore Catherine Pugh.

Hur berangkat dari posisi itu ketika Trump meninggalkan jabatannya pada tahun 2021.

Terlepas dari pekerjaannya di pemerintahan Partai Republik, Hur mendapat pujian dari Partai Demokrat.

Ketika ia meninggalkan pemerintahan federal tiga tahun lalu, dua senator Maryland, Chris Van Hollen dan Ben Cardin, memuji “pelayanan luar biasa” Hur karena “dengan setia mengikuti fakta dan hukum”.

Namun Hur mendapati dirinya berada dalam pusaran politik sejak ia merilis laporan setebal 345 halaman pada bulan Februari yang menuduh Biden "dengan sengaja menyimpan dan mengungkapkan materi rahasia", namun tidak akan menghadapi tuntutan pidana.

Penyelidik mewawancarai 147 saksi, termasuk Biden sendiri, yang menurut Hur tampaknya adalah "pria lanjut usia yang simpatik, bermaksud baik, dan memiliki ingatan yang buruk".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0890 seconds (0.1#10.140)