Mampukah Gerakan Noon Against Putin Mampu Menumbangkan Kremlin?

Minggu, 17 Maret 2024 - 21:40 WIB
loading...
Mampukah Gerakan Noon Against Putin Mampu Menumbangkan Kremlin?
Gerakan Noon Against Putin diprediksi tak akan mampu menumbangkan rezim Kremlin yang saat ini sedang berkuasa. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Ribuan orang hadir di tempat pemungutan suara di seluruh Rusia pada Minggu untuk mengambil bagian dalam apa yang dikatakan oleh oposisi anti-Kremlin sebagai protes politik yang damai namun simbolis terhadap terpilihnya kembali Presiden Vladimir Putin.

Dalam aksi yang disebut 'Noon Against Putin', warga Rusia yang menentang pemimpin veteran Kremlin pergi ke TPS setempat pada tengah hari untuk merusak surat suara mereka sebagai protes atau memilih salah satu dari tiga kandidat yang menentang Putin, yang diperkirakan banyak orang untuk menang telak.

Yang lain bersumpah untuk menuliskan nama mendiang pemimpin oposisi Alexei Navalny, yang meninggal bulan lalu di penjara Arktik, di kertas suara mereka.

Sekutu Navalny menyiarkan video di YouTube yang menunjukkan barisan orang yang mengantri di berbagai TPS di seluruh Rusia pada tengah hari, yang menurut mereka berada di sana untuk melakukan protes secara damai.

Navalny telah mendukung rencana 'Noon Against Putin' dalam pesan di media sosial yang difasilitasi oleh pengacaranya sebelum dia meninggal. Surat kabar independen Novaya Gazeta menyebut rencana aksi tersebut sebagai "perjanjian politik Navalny".

"Harapannya sangat kecil, tetapi jika Anda bisa melakukan sesuatu (seperti ini) Anda harus melakukannya. Tidak ada yang tersisa dari demokrasi," kata seorang perempuan muda, yang tidak disebutkan namanya dan wajahnya diburamkan oleh tim Navalny di satu TPS, dilansir Reuters.

Wanita muda lainnya di TPS lain, yang identitasnya disamarkan dengan cara yang sama, mengatakan bahwa dia memilih kandidat yang “paling tidak meragukan” dari tiga kandidat yang mencalonkan diri melawan Putin.

Seorang pelajar laki-laki yang memberikan suara di Moskow mengatakan kepada saluran Navalny bahwa orang-orang seperti dia yang tidak setuju dengan sistem saat ini harus terus menjalani kehidupan mereka.



“Sejarah telah menunjukkan bahwa perubahan terjadi pada saat yang paling tidak terduga,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)