Mampukah Militer Sudan Akan Memenangkan Pertempuran Melawan Pemberontak?

Minggu, 17 Maret 2024 - 21:21 WIB
loading...
A A A
“Pada awal perang, tentara tidak memiliki kampanye media yang ekstensif, setidaknya dibandingkan dengan RSF yang memanfaatkan media untuk mendukung perang mereka. Semua perhatian sekarang tertuju pada bagaimana tentara akan menggunakan gedung radio dan televisi,” kata mereka kepada Al Jazeera.

“Saya pikir para pejabat [era al-Bashir] pasti akan berpartisipasi dalam mengendalikan konten tersebut,” tambah jurnalis tersebut.

Sejak pecahnya perang antara tentara dan RSF pada April 2023, tokoh-tokoh era Bashir kembali muncul untuk mendukung upaya perang tentara. Anggota gerakan Islam Sudan mengendalikan kementerian keuangan dan diyakini memegang kekuasaan di kementerian luar negeri.

Banyak di antara mereka yang dilaporkan membantu kampanye perekrutan dan memobilisasi milisi untuk berperang bersama tentara.

Jatuhnya Gezira juga membantu upaya perekrutan ribuan pemuda – dan beberapa anak – mengangkat senjata untuk membela diri atau bergabung dengan kamp perekrutan tentara untuk melawan RSF.


2. Berjuang untuk Mendapatkan Keuntungan

Mampukah Militer Sudan Akan Memenangkan Pertempuran Melawan Pemberontak?

Foto/Reuters

Menurut Ali, militer masih berjuang dari posisi yang tidak menguntungkan meskipun baru-baru ini mereka meraih kemenangan.

Di kota-kota seperti Khartoum, katanya, RSF lebih mobile dan mampu bersembunyi di gang-gang, rumah dan gedung untuk menghindari serangan udara tentara.

Di wilayah terbuka yang luas seperti Darfur – yang sebagian besar dikendalikan oleh RSF – pesawat militer memiliki pandangan yang lebih jelas terhadap sasaran, kata Ali, namun mereka juga merupakan sasaran yang jelas untuk senjata anti-pesawat.

Jonas Horner, pakar Sudan yang pernah bekerja dengan berbagai lembaga think tank seperti International Crisis Group, lebih optimis terhadap peluang militer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)