Mampukah Militer Sudan Akan Memenangkan Pertempuran Melawan Pemberontak?

Minggu, 17 Maret 2024 - 21:21 WIB
loading...
Mampukah Militer Sudan Akan Memenangkan Pertempuran Melawan Pemberontak?
Tentara Sudan yakin akan mengalahkan pemberontak. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Kemenangan di medan perang baru-baru ini membuat para pendukung tentara Sudan percaya bahwa mereka dapat membalikkan keadaan melawan Pasukan Dukungan Cepat paramiliter, namun para ahli masih ragu.

Pada tanggal 12 Maret, tentara merebut kembali gedung radio dan televisi nasional di Omdurman, kota terbesar kedua di Sudan dan sepertiga wilayah ibu kota negara.

Kemenangan tersebut terjadi beberapa minggu setelah tentara mematahkan pengepungan RSF untuk merebut kembali beberapa lingkungan di Omdurman.

“Saya tidak akan terlalu optimis, karena mengambil alih wilayah adalah hal yang berbeda dan mempertahankan wilayah adalah hal yang berbeda,” kata Hagar Ali, pakar hubungan militer-sipil di Sudan dan kandidat PhD di Institut Jerman untuk Urusan Sipil. Studi Global dan Area.

Meskipun ada kehati-hatian, kemenangan tentara baru-baru ini tampaknya menimbulkan keraguan atas kemampuan RSF untuk menaklukkan seluruh negara, yang tampaknya mungkin terjadi setelah mereka merebut negara bagian Gezira pada bulan Desember.

Kehilangan negara penghasil pangan dan pusat bantuan merupakan pukulan besar bagi tentara. Hal ini menimbulkan pertanyaan serius mengenai kemampuannya melindungi warga sipil dari RSF, sebuah kelompok yang dituduh melakukan kekejaman seperti pembunuhan mendadak, kekerasan seksual dan perampokan bersenjata.

Namun penguasaan kembali stasiun radio dan televisi oleh tentara memulihkan kepercayaan terhadap kemampuan mereka.

Mampukah Militer Sudan Akan Memenangkan Pertempuran Melawan Pemberontak?

1. Mengontrol Narasi

Mampukah Militer Sudan Akan Memenangkan Pertempuran Melawan Pemberontak?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, mengambil alih radio dan televisi nasional sangatlah penting karena di sinilah para pemimpin militer secara historis mengumumkan kudeta mereka terhadap negara.

Kini senjata ini dapat berfungsi sebagai alat yang berguna untuk membantu upaya perang tentara, kata para ahli dan komentator Sudan kepada Al Jazeera.

Seorang jurnalis Sudan di negara bagian Sungai Nil, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena takut akan pembalasan dari tentara, yakin anggota gerakan Islam Sudan – yang memerintah selama 30 tahun di bawah mantan Presiden Omar al-Bashir – akan mencoba mengendalikan radio dan televisi untuk melakukan hal yang sama. menyebarkan narasi mereka tentang perang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)