Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa yang Tampaknya Diulangi Perserikatan Bangsa-Bangsa

Jum'at, 15 Maret 2024 - 15:03 WIB
loading...
A A A
Berikut adalah beberapa persamaan antara PBB dan LBB yang jelas membuat PBB gagal hentikan genosida terhadap warga Palestina:

1. Ketidakberdayaan Militer


Seperti LBB, PBB juga tidak memiliki angkatan bersenjata sendiri. Kekuatan militer berasal dari negara-negara anggota. Namun, ketidakberdayaan ini dapat menghambat tindakan tegas dalam menghadapi genosida.

PBB hanya memiliki pasukan penjaga perdamaian yang mandatnya harus disetujui anggota tetap Dewan Keamanan PBB yang memiliki hak veto.

Pasukan penjaga perdamaian PBB tidak dapat langsung masuk wilayah konflik jika tak disetujui seluruh anggota tetap Dewan Keamanan PBB.

2. Ketidakberdayaan Hukum


Meskipun PBB memiliki peraturan hukum internasional, implementasinya tergantung pada kerjasama negara-negara anggota. Seperti LBB, PBB juga menghadapi kesulitan menegakkan keputusan-keputusannya.

Sebagian besar keputusan PBB tak memiliki kekuatan mengikat yang dapat dipaksakan jika ada anggota tetap Dewan Keamanan PBB yang menolak.

Amerika Serikat (AS) selama ini menjadi pelindung Israel dari setiap resolusi di Dewan Keamanan PBB.

3. Ketidaktegasan


PBB sering kali tidak memberlakukan sanksi yang memadai terhadap negara-negara yang terlibat dalam genosida.

Ketidakberdayaan ini mengurangi efektivitasnya dalam mencegah konflik dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

4. Kebijakan Pro-Negara Besar


PBB juga terpengaruh oleh kebijakan negara-negara besar. Hal ini dapat memengaruhi keputusan dan tindakan organisasi, mirip dengan LBB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)