5 Motif Israel Meningkatkan Eskalasi Pertempuran dengan Hizbullah pada Bulan Ramadan

Kamis, 14 Maret 2024 - 18:18 WIB
loading...
5 Motif Israel Meningkatkan Eskalasi Pertempuran dengan Hizbullah pada Bulan Ramadan
Tentara Israel meningkatkan eskalasi serangan ke Hizbullah pada bulan Ramadan. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Israel melancarkan serangan bertubi-tubi ke Lebanon sejak awal Ramadan. Hizbullah meluncurkan 100 roket ditembakkan dari Lebanon ke Israel. Itu mengindikasikan bahwa militer Zionis akan meluncurkan serangan besar-besaran pada bulan Ramadan ke basis Hizbullah.

Peningkatan eskalasi pada pekan ini mungkin menjadi bahan spekulasi lebih lanjut oleh para analis yang merasa Israel mungkin mengalihkan fokus penuhnya ke front Lebanon jika gencatan senjata di Gaza tercapai.

Ketika serangan berlanjut dari Senin malam hingga Selasa siang, termasuk lebih banyak serangan terhadap Baalbek, teori tersebut tampaknya lebih masuk akal bagi sebagian orang.

5 Motif Israel Meningkatkan Eskalasi Pertempuran dengan Hizbullah pada Bulan Ramadan

1. Perang Gaza Hampir Usai

5 Motif Israel Meningkatkan Eskalasi Pertempuran dengan Hizbullah pada Bulan Ramadan

Foto/Reuters

“Israel telah menegaskan bahwa begitu mereka selesai menangani Gaza, mereka akan mengalihkan perhatian mereka ke utara,” kata Hilal Khashan, seorang profesor ilmu politik di American University of Beirut, dilansir Al Jazeera.

“Mereka ingin Hizbullah menjauh dari perbatasan mereka baik secara diplomatis maupun militer. Mereka sudah jelas mengenai masalah ini.”

Perang tanpa henti Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 31.000 warga Palestina sejak serangan 7 Oktober terhadap Israel oleh Brigade Qassam Hamas dan faksi bersenjata Palestina lainnya, yang menewaskan 1.139 orang.

Pembicaraan gencatan senjata baru-baru ini di Kairo berakhir tanpa resolusi, yang berarti bencana kemanusiaan akan terus berlanjut hingga saat ini, termasuk kemungkinan terjadinya kelaparan, dimana masyarakat di Gaza sudah mati kelaparan.

Di utara, kelompok Hizbullah Lebanon telah menyerang Israel dengan serangan lintas batas sejak Israel melancarkan serangannya ke Gaza.

Lebih dari 300 orang tewas di Lebanon, termasuk sekitar 240 anggota Hizbullah, sementara sekitar 20 warga Israel tewas dalam kekerasan lintas batas.

Pertempuran tersebut juga telah memaksa sekitar 90.000 orang meninggalkan Lebanon selatan, menurut sebuah laporan yang dirilis pada akhir Februari oleh Organisasi Internasional untuk Migrasi, sementara di Israel 80.000 orang dievakuasi dari kota-kota dan desa-desa di utara oleh pemerintah Israel, menurut media Israel.


2. Menyiapkan Perang yang Komprehensif

5 Motif Israel Meningkatkan Eskalasi Pertempuran dengan Hizbullah pada Bulan Ramadan

Foto/Reuters

Meskipun serangan pada awalnya terjadi di dekat perbatasan, militer Israel telah melancarkan serangan yang ditargetkan hingga ke utara Beirut dan baru-baru ini menyerang di dekat kota Sidon, sekitar setengah jam perjalanan dari ibu kota, dan dekat Baalbek di timur.

“Israel memperluas lingkaran perang sedikit demi sedikit tetapi sejauh ini belum ada keputusan untuk perang yang komprehensif,” Kassem Kassir, seorang analis yang dekat dengan Hizbullah, mengatakan kepada Al Jazeera.

“[Hizbullah] tidak bisa menarik diri [dari konflik] sebelum menghentikan perang di Gaza dan menyetujui solusi komprehensif.”

3. Hibzullah Tidak Mau Menarik Pasukan

5 Motif Israel Meningkatkan Eskalasi Pertempuran dengan Hizbullah pada Bulan Ramadan

Foto/Reuters

Israel menuntut Hizbullah menarik pasukan mereka kembali ke belakang Sungai Litani, sekitar 30 km (19 mil) utara perbatasan, namun para analis mengatakan hal itu tampaknya tidak mungkin terjadi.

“Jika Hizbullah menarik diri dari wilayah selatan, mereka harus melucuti senjatanya dan saya rasa mereka tidak akan setuju secara diplomatis,” kata Khashan. “[Tetapi] jika Hizbullah tidak menarik diri, Israel akan mengambil tindakan.”

4. Meningkatnya Tekanan terhadap Netanyahu

5 Motif Israel Meningkatkan Eskalasi Pertempuran dengan Hizbullah pada Bulan Ramadan

Foto/Reuters

Ketika jumlah korban jiwa terus meningkat pada bulan keenam perang ini, tekanan terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pun meningkat.

Beberapa analis berpendapat bahwa Netanyahu ingin terus berperang dengan Israel – baik di Gaza atau dengan Hizbullah di Lebanon – karena ini adalah cara terbaik baginya untuk tetap memimpin negara tersebut.

Pada bulan Januari terjadi protes besar-besaran terhadap pemerintahan Netanyahu, dan para tawanan yang masih ditahan di Gaza tampaknya tidak akan segera dibebaskan. Dan ketidaksetujuan bukan hanya bersifat internal.

“Keinginan Netanyahu untuk [menjaga negara tetap berperang untuk] mengklaim kemenangan adalah bukti keretakan internal yang mendalam dan meningkatnya kecaman dari komunitas internasional,” Imad Salamey, profesor ilmu politik dan urusan internasional di Universitas Amerika Lebanon di Beirut , kata Al Jazeera.

5. Ingin Memenangkan Perang dengan Hizbullah

5 Motif Israel Meningkatkan Eskalasi Pertempuran dengan Hizbullah pada Bulan Ramadan

Foto/Reuters

Pemerintahan Biden baru-baru ini mengambil sikap yang lebih keras terhadap pemerintahan Netanyahu, pemerintahan paling sayap kanan dalam sejarah Israel, sementara pada saat yang sama, Biden menolak untuk memberikan syarat bantuan militer dan pasokan senjata yang berkelanjutan ke Israel.

Pengganti Netanyahu yang kemungkinan besar menjadi perdana menteri, Benny Gantz, mengunjungi Washington pekan lalu dan bertemu dengan para pejabat senior Amerika, yang menurut beberapa analis merupakan upaya untuk mengubah kebijakan Israel.

Namun jika tidak ada perubahan radikal dari tren yang ada saat ini, konfrontasi yang lebih terfokus antara militer Israel dan Hizbullah masih mungkin terjadi.

Seorang jurnalis Israel baru-baru ini melaporkan bahwa pelabuhan di Larnaca yang digunakan untuk memeriksa barang-barang yang akan dikirim ke Gaza bisa berfungsi ganda sebagai alternatif Pelabuhan Haifa, jika pelabuhan itu ditutup jika konflik dengan Hizbullah semakin intensif.

Kebanyakan warga Israel percaya bahwa negaranya harus bertindak melawan Hizbullah dalam kapasitas tertentu, menurut sebuah survei yang dilakukan oleh surat kabar Israel Maariv, sementara separuh dari negara tersebut mengatakan perang melawan Hizbullah harus menjadi upaya terakhir untuk memulihkan keamanan perbatasan, menurut sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh lembaga Institut Demokrasi untuk Israel.

“Tidak ada pihak yang secara sengaja ingin memperluas perang karena dampaknya akan sangat buruk jika dibandingkan dengan kemenangan politik apa pun,” kata Salamey.

Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah mengatakan pada bulan Februari bahwa gencatan senjata di Gaza akan mengakhiri operasi militernya. Namun beberapa pihak yakin Israel tidak akan puas dengan hal itu.

Khashan mengatakan sebuah skenario dapat terjadi yang melibatkan Israel melancarkan operasi militer intensif di Lebanon pasca-Gaza yang pada akhirnya akan mengarah pada solusi diplomatik, mungkin termasuk mundurnya Hizbullah dari wilayah perbatasan. Ini akan menjadi “hasil yang akan memberikan kedua belah pihak klaim kemenangan, serupa dengan tahun 2006”.

Namun hingga gencatan senjata diumumkan di Gaza, ketidakpastian masih membayangi Lebanon dan potensi terjadinya bencana perang akan segera terjadi.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)