4 Capres Pemilu Rusia, Nomor 1 Dijamin Menang

Kamis, 14 Maret 2024 - 20:20 WIB
loading...
4 Capres Pemilu Rusia, Nomor 1 Dijamin Menang
Pemilu Rusia dipastikan akan dimenangkan oleh Vladimir Putin. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia akan mengadakan pemilihan presiden pada 15-17 Maret yang pasti akan dimenangkan oleh Presiden Vladimir Putin, kecuali terjadi perkembangan yang tidak terduga. Dengan demikian, pemimpin Kremlin yang paling lama menjabat sejak Josef Stalin akan mendapat masa jabatan enam tahun lagi.

4 Capres Pemilu Rusia, Nomor 1 Dijamin Menang

1. Vladimir Putin

4 Capres Pemilu Rusia, Nomor 1 Dijamin Menang

Foto/Reuters

Melansir Reuters, bertanggung jawab atas semua urusan negara, petahana Vladimir Putin, 71 tahun, diperkirakan akan dengan mudah meraih kemenangan telak dan masa jabatan enam tahun lagi.

Dicerca oleh kritikus Kremlin sebagai penjahat perang otokratis yang memerintah dengan rasa takut, jajak pendapat di dalam negeri menunjukkan bahwa ia didukung oleh mayoritas warga Rusia yang memandangnya sebagai pemimpin tangguh yang diperlukan untuk melawan apa yang mereka anggap sebagai negara Barat yang suka ikut campur dan ekspansionis.

Sebuah jajak pendapat negara bagian mengatakan pada bulan Februari bahwa penelitiannya menunjukkan lebih dari 75% warga Rusia siap memilih Putin.

Seorang mantan letnan kolonel KGB, Putin diangkat sebagai penjabat presiden pada hari terakhir tahun 1999 oleh Boris Yeltsin. Dia kemudian menjabat dua kali masa jabatan empat tahun dari tahun 2000-2008 sebelum menjadi perdana menteri dari tahun 2008-2012. Ia kembali menjabat sebagai presiden pada tahun 2012 setelah masa jabatan presiden diperpanjang menjadi enam tahun, dan kembali menjabat pada tahun 2018.

Pada tahun 2020, perubahan konstitusi dibuat yang memungkinkan Putin untuk menjalani dua masa jabatan enam tahun lagi mulai tahun 2024. Itu berarti ia dapat tetap menjabat. berkuasa hingga tahun 2036.


2. Nikolai Kharitonov

4 Capres Pemilu Rusia, Nomor 1 Dijamin Menang

Foto/Ist

Seorang anggota majelis rendah parlemen Rusia, Duma Negara, yang berusia 75 tahun, Kharitonov adalah kandidat resmi Partai Komunis, yang kandidatnya menempati posisi kedua setelah Putin pada setiap pemilu sejak tahun 2000. Kharitonov, seorang warga Siberia, mencalonkan diri sebelumnya pada tahun 2004 dan memenangkan 13,8% suara dibandingkan Putin 71,91%.

Sebuah lembaga jajak pendapat di negara bagian tersebut mengatakan pada bulan Februari bahwa penelitiannya menunjukkan bahwa sekitar 4% warga Rusia siap memilihnya. Kantor berita negara TASS mengutip pernyataannya yang mengatakan dia tidak akan mencari-cari kesalahan pemimpin Kremlin.

“Dia (Putin) bertanggung jawab atas siklus pekerjaannya sendiri, mengapa saya harus mengkritiknya?” itu mengutip perkataannya. Kharitonov mendukung apa yang Putin sebut sebagai operasi militer khusus Rusia di Ukraina, namun di masa lalu ia menentang beberapa kebijakan dalam negeri partai Rusia Bersatu yang pro-Putin. Dia mendapat dukungan dari Gennady Zyuganov, pemimpin veteran Partai Komunis berusia 79 tahun.

3. Leonid Slutsky

4 Capres Pemilu Rusia, Nomor 1 Dijamin Menang

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)