alexametrics

Pompeo Tuding Rusia Berusaha Lemahkan Sanksi Korut

loading...
Pompeo Tuding Rusia Berusaha Lemahkan Sanksi Korut
Foto/Ilustrasi/SINDOnews/Ian
A+ A-
WASHINGTON - Rusia terus berusaha untuk merongrong sanksi internasional terhadap Korea Utara (Korut). Tudingan itu dilemparkan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo.

Berbicara saat jumpa pers di Departemen Luar Negeri AS, Pompeo mengatakan penegakan sanksi PBB sangat penting untuk mencapai denuklirisasi Korut seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (15/9/2018).

Tudingan Pompeo ini muncul sehari setelah Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley, menuduh Moskow berusaha menutupi pelanggaran sanksi PBB terhadap Korut oleh Rusia. Rusia disebut Haley telah mendorong perubahan pada laporan independen tentang pelanggaran sanksi.

"Dalam beberapa pekan terakhir, Rusia menekan Panel untuk mengubah laporan independennya, termasuk pelanggaran sanksi yang melibatkan para aktor Rusia," kata Haley dalam pernyataan yang dirilis misi diplomatik AS.

Baca: AS Tuding Rusia Intervensi Laporan PBB tentang Korut

Sumber keamanan Eropa Barat mengatakan pada akhir Desember bahwa kapal tanker Rusia telah memasok bahan bakar ke Korut setidaknya tiga kali dalam beberapa bulan terakhir. Transfer kargo itu dilakukan di laut yang melanggar sanksi internasional. Rusia membantah melanggar sanksi Korut.

Korut mengandalkan bahan bakar impor untuk menjaga fungsi ekonomi yang sedang berjuang. Negara ini juga membutuhkan minyak untuk rudal balistik antar benua dan program nuklirnya.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak