alexametrics

AS Tuding Rusia Intervensi Laporan PBB tentang Korut

loading...
AS Tuding Rusia Intervensi Laporan PBB tentang Korut
Foto/Ilustrasi/SINDOnews/Ian
A+ A-
NEW YORK - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB, Nikki Haley, menuduh Rusia ikut campur dalam laporan PBB tentang penerapan sanksi terhadap Korea Utara (Korut). Rusia di tuding telah menekan para ahli yang membuat laporan untuk melakukan perubahan.

"Dalam beberapa pekan terakhir, Rusia menekan Panel untuk mengubah laporan independennya, termasuk pelanggaran sanksi yang melibatkan para aktor Rusia," kata Haley dalam pernyataan yang dirilis misi diplomatik AS.

"Ini adalah contoh terbaru dari Rusia yang menutup-nutupi kasus-kasus di mana telah terlibat dalam pelanggaran resolusi Dewan Keamanan yang berkaitan dengan Korea Utara, termasuk dengan memblokir penunjukan PBB dari perusahaan Rusia dan China, individu, dan kapal yang terlibat dalam pelanggaran sanksi," imbuhnya seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (14/9/2018).

Haley dikutip dalam rilis itu mengatakan dia kecewa bahwa Panel akan menyerah pada tekanan Rusia.



"Ini adalah preseden berbahaya dan noda pada pekerjaan penting Panel," kata Haley.

"Kami telah melihat laporan asli dan kami tahu kebenarannya - Panel harus melakukan hal yang benar dan melepaskannya," sambungnya.

Rilis itu mengatakan bahwa laporan Panel Ahli PBB seharusnya independen untuk memberikan kepada Dewan Keamanan rincian penting dan analisis tidak memihak tentang status sanksi terhadap Korut.

"Intervensi Rusia merusak kesucian dari proses panel independen di PBB," demikian bunyi rilis tersebut.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak