Siapa Pengganti Mitch McConnell sebagai Pemimpin Partai Republik di Senat?

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:17 WIB
loading...
Siapa Pengganti Mitch McConnell sebagai Pemimpin Partai Republik di Senat?
Senator John Thune disebut sebagai pengganti utama Mitch McConnell. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Mitch McConnell mengumumkan pada hari Rabu bahwa ia bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Republik yang paling lama menjabat di Senat setelah pemilihan umum bulan November.

Selama hampir 20 tahun, Partai Republik mengandalkan legislator Kentucky yang efektif untuk mengarahkan prioritas konservatif.

Sejak dia mengumumkan berita tersebut, Washington telah bergerak cepat untuk berspekulasi siapa yang bisa menggantikan McConnell, yang dengan terampil menyatukan partainya yang terpecah belah dalam beberapa waktu terakhir.

Mereka yang bersaing untuk menggantikan McConnell menghadapi prospek yang menakutkan untuk menarik sayap pesaingnya dalam partai tersebut.

Berikut beberapa anggota Senat dari Partai Republik yang berpotensi menjadi penerusnya.Siapa Pengganti Mitch McConnell sebagai Pemimpin Partai Republik di Senat?

1. Senator John Thune dari Dakota Selatan

Siapa Pengganti Mitch McConnell sebagai Pemimpin Partai Republik di Senat?

Foto/Reuters

John Thune, orang nomor dua di bawah McConnell, dianggap sebagai calon penerus pemimpin Partai Republik.
Thune biasanya adalah orang pertama yang disebutkan di antara "tiga John" yang dianggap sebagai kandidat teratas untuk mengambil posisi kepemimpinan McConnell.

Senator South Dakota saat ini adalah anggota Partai Republik, orang kedua setelah McConnell, dan dia dikenal sebagai penggalang dana yang efektif di partainya. Ia juga dipandang sebagai kekuatan moderat di kalangan Partai Republik, yang mengambil sikap keras ke sayap kanan di bawah kepemimpinan mantan Presiden Donald Trump.

Namun posisi Thune dalam kepemimpinan juga dapat melemahkan ambisinya untuk menduduki jabatan McConnell. Beberapa anggota Senat dari Partai Republik, terutama yang bersekutu dengan Trump, telah menyatakan dengan jelas bahwa mereka menginginkan pemimpin baru.

Perlu dicatat bahwa Thune hanya mendukung pencalonan mantan presiden tersebut beberapa hari sebelum pengumuman McConnell. Trump juga mendukung penantang utama senator South Dakota dari Partai Republik pada tahun 2022.


2. Senator John Barrasso dari Wyoming

Siapa Pengganti Mitch McConnell sebagai Pemimpin Partai Republik di Senat?

Foto/Reuters

Sebagai Ketua Konferensi Partai Republik, Barrasso memiliki posisi berpengaruh dalam kepemimpinan partai di Senat – dan dia juga tidak pernah mengalahkan Trump.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)