4 Alasan Para Dokter di Korea Selatan Mogok Massal yang Memicu Krisis Nasional

Senin, 26 Februari 2024 - 21:21 WIB
loading...
4 Alasan Para Dokter di Korea Selatan Mogok Massal yang Memicu Krisis Nasional
Para dokter yang mogok massal di Korea Selatan memicu krisis nasional. Foto/Reuters
A A A
SEOUL - Ryu Ok Hada selalu ingin membantu orang, tetapi sekarang dokter peserta pelatihan asal Korea Selatan itu telah meninggalkan pekerjaannya dan berdiri di luar rumah sakit tempat dia bekerja, sambil memegang gaun medis di tangannya.

Park Dan, yang baru-baru ini mewujudkan impian masa kecilnya menjadi dokter darurat, juga merupakan salah satu dari lebih dari 7.800 pekerja magang dan warga yang mengundurkan diri karena konfrontasi dengan pemerintah, yang mengancam akan menangkap mereka.

Ryu dan Park mengatakan para dokter junior, yang merupakan roda penggerak penting dalam sistem medis Korea Selatan, bekerja terlalu keras, dibayar rendah, dan tidak didengarkan.

Rumah sakit telah menolak pasien dan membatalkan operasi setelah sekitar dua pertiga dokter muda di negara tersebut mengundurkan diri pada bulan ini sebagai bentuk protes.

4 Alasan Para Dokter di Korea Selatan Menggelar Mogok Massal yang Memicu Krisis Nasional

1. Dokter Magang Dibayar Murah

4 Alasan Para Dokter di Korea Selatan Mogok Massal yang Memicu Krisis Nasional

Foto/Reuters

Para dokter muda mengatakan gaji dan kondisi kerja mereka harus menjadi prioritas, dibandingkan rencana pemerintah untuk menambah jumlah dokter. Pihak berwenang mengatakan diperlukan lebih banyak staf untuk meningkatkan layanan kesehatan di daerah terpencil dan memenuhi permintaan yang terus meningkat di salah satu masyarakat dengan penuaan tercepat di dunia.

“Sistem medis di Korea Selatan saat ini, yang sangat bagus, dijalankan dengan membuat para dokter magang yang murah terus bekerja keras,” kata Ryu, 25 tahun, kepada Reuters.

Para dokter senior dan praktisi swasta belum melakukan aksi mogok namun telah mengadakan demonstrasi mendesak pemerintah untuk membatalkan rencana tersebut, dengan 400 orang berkumpul di Seoul pada hari Minggu.

Namun rencana pemerintah untuk meningkatkan penerimaan sekolah kedokteran cukup populer, dengan sekitar 76% responden mendukungnya, terlepas dari afiliasi politiknya, berdasarkan jajak pendapat Gallup Korea baru-baru ini.

2. Bekerja selama 36 Jam

4 Alasan Para Dokter di Korea Selatan Mogok Massal yang Memicu Krisis Nasional

Foto/Reuters

Dokter magang dan dokter residen di Korea Selatan bekerja dalam shift 36 jam, dibandingkan dengan shift kurang dari 24 jam di A.S., menurut Korean Intern Resident Association. Laporan tersebut menyatakan separuh dokter muda AS bekerja 60 jam seminggu atau kurang, sementara dokter Korea sering bekerja lebih dari 100 jam.

Ryu mengatakan dia bekerja lebih dari 100 jam seminggu di salah satu rumah sakit universitas paling bergengsi di negara itu, dengan bayaran 2 juta won hingga 4 juta won (USD1.500-USD3.000) sebulan termasuk upah lembur. Rata-rata penduduk AS pada tahun pertama mendapat sekitar USD5.000 per bulan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1398 seconds (0.1#10.140)