Perbandingan Kebijakan al-Sisi dan Mursi ketika Memimpin Mesir

Senin, 26 Februari 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Namun, standar hidup banyak orang di Mesir justru menurun pada masa jabatan pertama Presiden Sisi.

Devaluasi mata uang Mesir pada tahun 2016 dan penarikan bahan bakar serta subsidi lainnya untuk memenuhi persyaratan kesepakatan dengan Dana Moneter Internasional (IMF) mempengaruhi daya beli masyarakat Mesir.

Inisiatif lainnya termasuk peluncuran sejumlah mega proyek untuk menghidupkan kembali perekonomian, termasuk perluasan terusan Suez senilai $8,2 miliar (ÂŁ6,2 miliar) dan pembangunan ibu kota baru yang diperkirakan menelan biaya $45 miliar (ÂŁ34 miliar).

Pemerintah mengatakan tindakannya diperlukan untuk menarik investasi dan membantu memulihkan perekonomian, yang sangat menderita akibat anjloknya pariwisata setelah revolusi tahun 2011.

Namun banyak yang mempertanyakan apakah uang untuk proyek-proyek tersebut dan proyek-proyek lainnya dapat digunakan dengan lebih baik untuk meningkatkan infrastruktur dan layanan publik pada saat banyak warga Mesir sedang berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

3. Memberantas Militan di Semenanjung Sinai

Perbandingan Kebijakan al-Sisi dan Mursi ketika Memimpin Mesir

Foto/Reuters

Salah satu tantangan terbesar Presiden Sisi adalah situasi keamanan di Semenanjung Sinai, yang berbatasan dengan Gaza dan Israel dan merupakan rumah bagi militan jihad paling aktif di Mesir.

Meskipun tentara melancarkan serangan keamanan di Sinai tak lama setelah Mursi digulingkan, situasinya terus memburuk, dengan satu kelompok jihad lokal berjanji setia kepada kelompok ISIS pada tahun 2014.

Kelompok yang dikenal sebagai Provinsi Sinai ini sebagian besar menyerang sasaran militer. Namun mereka juga mengklaim berada di balik jatuhnya sebuah jet penumpang Rusia di semenanjung Sinai pada bulan Oktober 2015, yang menewaskan 224 orang di dalamnya.

Pada akhir tahun 2017, presiden melancarkan kampanye militer baru melawan militan yang menewaskan lebih dari 300 orang dalam serangan bom dan senjata di sebuah masjid di Sinai utara.

4. Mendapat Dukungan Internasional

Perbandingan Kebijakan al-Sisi dan Mursi ketika Memimpin Mesir

Foto/Reuters

Meskipun pemerintahan Sisi telah dikritik karena catatan hak asasi manusianya, terutama setelah pembunuhan mahasiswa Italia Giulio Regeni pada tahun 2016, pemerintahan Sisi tetap menjadi sekutu dekat AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)