Perbandingan Kebijakan al-Sisi dan Mursi ketika Memimpin Mesir

Senin, 26 Februari 2024 - 20:20 WIB
loading...
Perbandingan Kebijakan al-Sisi dan Mursi ketika Memimpin Mesir
Abdel Fattah al-Sisi merupakan presiden Mesir yang memiliki kebijakan kontras dengan pendahulunya Mohammed Mursi. Foto/Reuters
A A A
KAIRO - Abdel Fattah al-Sisi dijamin terpilih kembali pada pemilu presiden yang digelar beberapa waktu lalu. Dipuji oleh banyak orang karena memberikan stabilitas, ia juga dikritik karena mengembalikan Mesir ke pemerintahan otokratis. Dia berkuasa setelah menggulingkan Mohammed Mursi.

Sisi mengambil langkah pertamanya untuk menjadi orang paling berkuasa di Mesir pada tahun 2013, ketika panglima militer dan menteri pertahanan muncul di televisi nasional untuk mengeluarkan ultimatum kepada presiden saat itu, Mohammed Mursi: Mundur dalam waktu 48 jam atau hadapi konsekuensinya.

Perbandingan Kebijakan al-Sisi dan Mursi ketika Memimpin Mesir

Abdul Fattah al-Sisi

Perbandingan Kebijakan al-Sisi dan Mursi ketika Memimpin Mesir

Foto/Reuters

Abdul Fattah al-Sisi telah menjadi presiden Mesir sejak 2014, setahun setelah ia memimpin militer menggulingkan Presiden Islamis Mohammed Mursi di tengah protes massal terhadap pemerintahannya.

Para pendukung purnawirawan marshal tersebut mengatakan bahwa ia telah memulihkan stabilitas negara, namun para kritikus berpendapat bahwa hal itu berdampak besar terhadap hak asasi manusia.

Sisi juga berjuang untuk mengakhiri pemberontakan yang dilakukan oleh kelompok militan yang berbasis di semenanjung Sinai, yang telah menewaskan ratusan personel keamanan dan warga sipil dalam kerusuhan yang dimulai sebelum ia berkuasa.


1. Menekan Ikhawanul Muslimin

Perbandingan Kebijakan al-Sisi dan Mursi ketika Memimpin Mesir

Foto/Reuters

Pendukung Ikhwanul Muslimin dan kelompok lain yang menentang tindakan militer mengadakan protes di seluruh Mesir, namun pasukan keamanan menghadapi mereka dengan kekuatan mematikan.

Kelompok hak asasi manusia mengatakan hingga 900 pengunjuk rasa tewas di alun-alun Rabaa al-Adawiya dan al-Nahda di Kairo pada 14 Agustus 2013. Pemerintah mengatakan banyak pengunjuk rasa bersenjata, dan sejumlah polisi juga tewas.

Tindakan keras terhadap Ikhwanul Muslimin berlanjut setelahnya, dengan para pemimpin kelompok tersebut dan ribuan pendukungnya ditangkap dan organisasi tersebut sekali lagi dilarang di Mesir.

Banyak di antara mereka yang kemudian dijatuhi hukuman mati atau hukuman penjara yang lama pada persidangan massal yang menurut para aktivis melanggar hak-hak dasar proses hukum.

2. Tak Handal Menangani Ekonomi

Perbandingan Kebijakan al-Sisi dan Mursi ketika Memimpin Mesir

Foto/Reuters

Namun, standar hidup banyak orang di Mesir justru menurun pada masa jabatan pertama Presiden Sisi.

Devaluasi mata uang Mesir pada tahun 2016 dan penarikan bahan bakar serta subsidi lainnya untuk memenuhi persyaratan kesepakatan dengan Dana Moneter Internasional (IMF) mempengaruhi daya beli masyarakat Mesir.

Inisiatif lainnya termasuk peluncuran sejumlah mega proyek untuk menghidupkan kembali perekonomian, termasuk perluasan terusan Suez senilai $8,2 miliar (ÂŁ6,2 miliar) dan pembangunan ibu kota baru yang diperkirakan menelan biaya $45 miliar (ÂŁ34 miliar).

Pemerintah mengatakan tindakannya diperlukan untuk menarik investasi dan membantu memulihkan perekonomian, yang sangat menderita akibat anjloknya pariwisata setelah revolusi tahun 2011.

Namun banyak yang mempertanyakan apakah uang untuk proyek-proyek tersebut dan proyek-proyek lainnya dapat digunakan dengan lebih baik untuk meningkatkan infrastruktur dan layanan publik pada saat banyak warga Mesir sedang berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

3. Memberantas Militan di Semenanjung Sinai

Perbandingan Kebijakan al-Sisi dan Mursi ketika Memimpin Mesir

Foto/Reuters

Salah satu tantangan terbesar Presiden Sisi adalah situasi keamanan di Semenanjung Sinai, yang berbatasan dengan Gaza dan Israel dan merupakan rumah bagi militan jihad paling aktif di Mesir.

Meskipun tentara melancarkan serangan keamanan di Sinai tak lama setelah Mursi digulingkan, situasinya terus memburuk, dengan satu kelompok jihad lokal berjanji setia kepada kelompok ISIS pada tahun 2014.

Kelompok yang dikenal sebagai Provinsi Sinai ini sebagian besar menyerang sasaran militer. Namun mereka juga mengklaim berada di balik jatuhnya sebuah jet penumpang Rusia di semenanjung Sinai pada bulan Oktober 2015, yang menewaskan 224 orang di dalamnya.

Pada akhir tahun 2017, presiden melancarkan kampanye militer baru melawan militan yang menewaskan lebih dari 300 orang dalam serangan bom dan senjata di sebuah masjid di Sinai utara.

4. Mendapat Dukungan Internasional

Perbandingan Kebijakan al-Sisi dan Mursi ketika Memimpin Mesir

Foto/Reuters

Meskipun pemerintahan Sisi telah dikritik karena catatan hak asasi manusianya, terutama setelah pembunuhan mahasiswa Italia Giulio Regeni pada tahun 2016, pemerintahan Sisi tetap menjadi sekutu dekat AS.

Pada tahun 2017, Sisi menjadi pemimpin Mesir pertama yang mengunjungi Gedung Putih sejak revolusi tahun 2011, dan berkunjung lagi pada tahun 2019. AS juga setuju untuk menjadi tuan rumah pembicaraan mengenai perselisihan berkepanjangan antara Mesir, Sudan dan Ethiopia mengenai rencana bendungan Ethiopia.

Sisi mengklaim dirinya sebagai satu-satunya orang yang mampu menjaga ketertiban di Mesir. “Sepertinya Anda tidak cukup mengenal saya. Tidak, demi Tuhan, harga dari stabilitas dan keamanan Mesir adalah harga saya. hidup dan kehidupan tentara."

Mohammed Mursi

Perbandingan Kebijakan al-Sisi dan Mursi ketika Memimpin Mesir

Foto/Reuters

Mohammed Mursi adalah presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis, namun hanya bertahan satu tahun sebelum digulingkan oleh militer pada 3 Juli 2013.

Langkah militer tersebut menyusul protes massal anti-pemerintah selama berhari-hari dan penolakan Mursi terhadap ultimatum para jenderal untuk menyelesaikan krisis politik terburuk di Mesir sejak Hosni Mubarak digulingkan pada tahun 2011.

Empat bulan setelah ia digulingkan, Mursi diadili bersama 14 tokoh senior gerakan Ikhwanul Muslimin, dengan tuduhan menghasut para pendukungnya untuk membunuh seorang jurnalis dan dua pengunjuk rasa oposisi, dan memerintahkan penyiksaan dan penahanan tidak sah terhadap orang lain.

1. Penganut Ajaran Ikhwanul Muslimin

Mursi naik pangkat di Ikhwanul Muslimin dan menjabat sebagai anggota independen di blok parlemen gerakan tersebut dari tahun 2000 hingga 2005.

Sebagai seorang anggota parlemen, ia kadang-kadang dipuji atas penampilan pidatonya, misalnya setelah terjadi bencana kereta api pada tahun 2002 ketika ia mengecam ketidakmampuan pejabat tersebut.

Mursi terpilih sebagai calon presiden Ikhwanul Muslimin pada bulan April 2012 setelah wakil pemimpin umum gerakan tersebut, pengusaha jutawan Khairat al-Shater, terpaksa mundur.

Dalam kampanye pemilunya, Mursi menampilkan dirinya sebagai benteng melawan kebangkitan pemerintahan lama Hosni Mubarak.

2. Bekerja untuk Seluruh Rakyat Mesir

Perbandingan Kebijakan al-Sisi dan Mursi ketika Memimpin Mesir

Foto/Reuters

Ketika ia berkuasa pada Juni 2012 setelah kemenangan tipis dalam pemilu, Mursi berjanji akan memimpin pemerintahan "untuk seluruh rakyat Mesir".

Namun para kritikus mengeluhkan bahwa ia gagal mewujudkan kinerjanya selama tahun penuh gejolak masa jabatannya. Mereka menuduhnya membiarkan kelompok Islam memonopoli panggung politik dan memusatkan kekuasaan di tangan Ikhwanul Muslimin.

Selain itu, mereka mengatakan bahwa ia telah salah menangani perekonomian dan gagal menangani isu-isu yang menyebabkan pemberontakan yang membawanya ke tampuk kekuasaan: tuntutan terhadap hak asasi manusia dan keadilan sosial.

3. Dikudeta oleh Sisi

Militer memperingatkan Mursi bahwa mereka akan melakukan intervensi jika dia tidak memenuhi tuntutan masyarakat dalam waktu 48 jam.

Pada malam tanggal 3 Juli, tentara menangguhkan konstitusi dan mengumumkan pembentukan pemerintahan sementara teknokratis menjelang pemilihan presiden baru.

Mursi mengecam tindakan tersebut sebagai “kudeta”. Penangkapannya diperintahkan oleh panglima angkatan bersenjata – dan sekarang presiden – Abdul Fattah al-Sisi – dan dia dibawa oleh tentara ke lokasi yang dirahasiakan, dan tidak terdengar kabarnya selama berminggu-minggu.

Mursi menghilang dari pandangan publik, kecuali muncul di pengadilan secara berkala. Sementara itu, pendahulunya.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)