Israel Bunuh 40 Orang Palestina di Gaza Tengah, Sesumbar Rencana Usai Perang

Jum'at, 23 Februari 2024 - 19:45 WIB
loading...
Israel Bunuh 40 Orang Palestina di Gaza Tengah, Sesumbar Rencana Usai Perang
Warga Palestina menemukan jenazah dari puing-puing rumah yang hancur setelah serangan udara Israel di Deir el-Balah, Jalur Gaza tengah, pada 22 Februari 2024. Foto/Mohammed Sabre/EPA
A A A
GAZA - Militer Israel membunuh 40 warga Palestina dalam serangan di Gaza tengah menjelang putaran baru perundingan internasional untuk menengahi gencatan senjata.

Seiring dengan itu, Tel Aviv menguraikan rencana untuk wilayah tersebut setelah perang berakhir.

“Pembantaian keji yang dilakukan pasukan Israel di Deir el-Balah di bagian tengah wilayah tersebut melukai lebih dari 100 orang,” ungkap kantor media pemerintah Gaza pada Kamis malam (22/2/2024).

Kantor itu menambahkan sebagian besar korban adalah perempuan dan anak-anak. “Kami menganggap pemerintah Amerika dan komunitas internasional, selain Israel, bertanggung jawab penuh atas kejahatan yang sedang berlangsung ini, dan kami menyerukan dunia bebas untuk segera mengakhiri perang pemusnahan yang dilancarkan tentara Israel terhadap warga sipil,” tegas pernyataan tersebut.

Dilaporkan dari Rafah di Gaza selatan, Tareq Abu Azzoum dari Al Jazeera mengatakan rumah-rumah penduduk “diserang tanpa peringatan sebelumnya” dalam serangan tersebut.

Hamas mengatakan pada Jumat bahwa, “Serangan terhadap rumah-rumah menegaskan kepada komunitas internasional bahwa mereka (Israel) adalah entitas jahat yang tidak peduli dengan hukum dan nilai-nilai kemanusiaan.”

Lebih dari 29.000 warga Palestina, sebagian besar anak-anak dan perempuan, telah dibunuh tentara Israel sejak dimulainya perang pada 7 Oktober, menurut Kementerian Kesehatan di Gaza.

Namun juru bicara Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat John Kirby mengatakan pada Kamis malam bahwa perundingan untuk gencatan senjata dan pertukaran tawanan di wilayah kantong dengan tahanan Palestina telah berjalan “konstruktif”.

Delegasi Hamas meninggalkan Kairo, Mesir, pada Jumat setelah tiga hari perundingan, namun Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tidak mengirimkan perwakilannya.

Negosiasi yang dimediasi Mesir dan Qatar diperkirakan akan berlanjut pada Jumat malam di Paris, dengan Israel juga mengirimkan delegasi.

Proposal gencatan senjata baru dapat diajukan di ibu kota Prancis, namun rinciannya masih belum jelas.

Kebebasan Beroperasi di Gaza


Serangan darat dan udara Israel yang mematikan di Gaza terus berlanjut ketika Tel Aviv menjalankan rencananya untuk masa depan wilayah kantong yang terkepung tersebut.

Rencana itu bertentangan dengan apa yang Amerika Serikat (AS) dan kekuatan dunia dan regional lainnya katakan ingin mereka lihat di wilayah Palestina.

Rencana Israel setelah perang adalah mengangkat “pejabat lokal” yang tidak memiliki hubungan dengan negara atau entitas yang mendukung “terorisme” untuk mengelola Gaza, menurut laporan Times of Israel mengenai rencana yang disampaikan Netanyahu.

Laporan tersebut mengatakan militer Israel “akan mempertahankan kebebasan tanpa batas untuk beroperasi di seluruh” Jalur Gaza, mirip dengan pendudukan militernya di sisa wilayah Palestina di Tepi Barat.

Rencana Netanyahu juga menggambarkan “demiliterisasi menyeluruh” di Gaza “melampaui apa yang diperlukan untuk menjaga ketertiban umum” dan tidak menyebutkan Otoritas Palestina (PA), yang Washington ingin kendalikan wilayah tersebut setelah perang.

Perdana Menteri Israel, yang menyerahkan dokumen tersebut kepada kabinet keamanannya, sebelumnya mengatakan Otoritas Palestina tidak akan menjadi bagian dari masa depan Gaza pascaperang.

Israel juga telah melanjutkan rencananya membentuk “zona penyangga” di sisi perbatasan Palestina, yang secara efektif akan memperkecil perbatasan wilayah tersebut, meskipun ada keberatan dari PBB.

Untuk mewujudkan rencana ini, militer Israel telah meratakan rumah dan bangunan di sepanjang zona yang direncanakan dengan menggunakan serangan udara, bahan peledak besar yang ditanam oleh pasukan darat dan buldoser.



Analis Ben Friedman mengatakan meskipun Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengungkapkan keprihatinannya terhadap kehidupan warga Palestina di Gaza, Washington tidak bersedia untuk “benar-benar menentang Israel”.

“Menurut pendapat saya, itu mengancam mereka dengan penarikan dukungan, termasuk dukungan finansial, jika mereka tidak melakukan apa yang kita minta,” tegas Friedman, direktur kebijakan di lembaga pemikir Defense Priorities, mengatakan kepada Al Jazeera.

“Anda harus mengancam Israel dengan sejumlah konsekuensi jika mereka tidak menuruti permintaan Anda. Jika tidak, itu hanyalah retorika kosong yang dirancang agar terlihat kritis tanpa benar-benar membuat perbedaan,” papar dia.

Pekan ini Amerika kembali memveto resolusi ketiga di Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata segera di Gaza.

Tindakan AS itu menuai kecaman luas dari dunia internasional. AS terus melindungi Israel yang sedang melancarkan genosida pada warga Palestina di Gaza.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)