Daftar Negara yang Paling Diuntungkan dari Perang Rusia dan Ukraina

Jum'at, 23 Februari 2024 - 18:15 WIB
loading...
Daftar Negara yang Paling Diuntungkan dari Perang Rusia dan Ukraina
Anggota dinas Brigade Mekanik Terpisah ke-92 Angkatan Bersenjata Ukraina mengadakan latihan artileri di lapangan tembak di lokasi yang tidak diketahui di Ukraina timur. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Perang Rusia dan Ukraina yang dimulai pada Februari 2022 telah membawa dampak besar bagi geopolitik dan ekonomi global.

Di tengah situasi yang penuh gejolak ini, beberapa negara justru mendapatkan keuntungan. Berikut adalah beberapa negara yang diuntungkan dalam perang Rusia dan Ukraina:

1. Amerika Serikat (AS)


AS menjadi pemasok utama senjata dan bantuan militer untuk Ukraina. Hal ini meningkatkan penjualan senjata AS ke negara-negara lain yang khawatir dengan agresi Rusia.

Perang ini memperkuat persatuan NATO dan meningkatkan komitmen negara-negara anggota untuk meningkatkan anggaran pertahanan.

AS mengisi kekosongan pasokan energi dari Rusia ke Eropa, meningkatkan ekspor gas alam cair (LNG) dan minyak ke negara-negara Eropa.

2. China


China mendapatkan akses lebih besar ke sumber daya alam Rusia dengan harga yang lebih murah dan meningkatkan kerjasama perdagangan bilateral.

Beijing diuntungkan dari melemahnya ekonomi Rusia dan Eropa, sehingga meningkatkan pangsa pasarnya di pasar global.

China memanfaatkan situasi ini untuk memperluas pengaruh geopolitiknya di kawasan Asia Pasifik dan Afrika.

3. India


India mendapatkan minyak dan gas murah. India membeli minyak dan gas dari Rusia dengan harga diskon, membantu meringankan beban ekonomi negara.

New Delhi meningkatkan kerjasama perdagangan dengan Rusia, termasuk impor pupuk dan senjata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)