PM Belanda Mark Rutte Jadi Calon Terkuat Bos Baru NATO

Jum'at, 23 Februari 2024 - 10:51 WIB
loading...
A A A
Seorang pejabat senior Perancis mengatakan kepada Reuters bahwa Presiden Emmanuel Macron adalah pendukung awal Rutte, dan telah membahas masalah ini dengannya tahun lalu.

Namun, meski diplomat yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Reuters bahwa 16 negara NATO lainnya juga mendukung Rutte untuk peran tersebut, penunjukannya memerlukan suara bulat dari 31 anggota blok.

Kementerian Luar Negeri Polandia mencatat Warsawa belum mengumumkan dukungannya terhadap kandidat mana pun, sementara pejabat di Hongaria dan TĂĽrki belum mengumumkan posisi mereka.

Menjabat sebagai Sekjen ke-13 NATO pada tahun 2014, Stoltenberg—mantan perdana menteri Norwegia—akan mengakhiri masa jabatannya selama satu dekade pada bulan Oktober mendatang.

Meskipun dia awalnya dimaksudkan untuk meninggalkan jabatannya pada bulan Oktober 2022, para anggota akhirnya melakukan pemungutan suara dua kali untuk memperpanjang mandatnya satu tahun lagi, dengan alasan “tantangan keamanan” yang sedang berlangsung terkait dengan perang Rusia di Ukraina.

Rutte telah menjabat PM Belanda selama empat periode sejak 2010—menjadikannya pemimpin yang paling lama menjabat dalam sejarah Belanda.

Menjelang pemilu tahun lalu, dia mengatakan akan pensiun dari dunia politik setelah kabinet baru terbentuk, dan tetap berada dalam posisi sementara hingga prosesnya selesai.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)