PM Belanda Mark Rutte Jadi Calon Terkuat Bos Baru NATO

Jum'at, 23 Februari 2024 - 10:51 WIB
loading...
PM Belanda Mark Rutte Jadi Calon Terkuat Bos Baru NATO
Perdana Menteri Belanda Mark Rutte menjadi calon terkuat sekjen baru NATO. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte telah menjadi calon terkuat sebagai sekretaris jenderal (sekjen) baru NATO.

Amerika Serikat (AS), Inggris dan anggota utama lainnya dari aliansi mengatakan bahwa mereka akan mendukung Rutte sebagai bos baru blok militer tersebut.

Sekjen NATO saat ini, Jens Stoltenberg, akan mengakhiri masa jabatan sepuluh tahunnya.

Gedung Putih memberikan dukungannya kepada Rutte pada hari Kamis, dan juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan kepada wartawan bahwa Washington telah menyampaikan kepada anggota-anggota lainnya perihal dukungannya.



“Amerika Serikat telah menjelaskan kepada sekutu kami, sekutu NATO kami, bahwa kami yakin Rutte akan menjadi sekretaris jenderal NATO yang sangat baik,” katanya.

Berlin juga telah menyatakan dukungannya terhadap Rutte, dan kantor Kanselir Jerman Olaf Scholz menggambarkan PM Belanda yang akan lengser itu sebagai “kandidat luar biasa” untuk menggantikan Sekjen Jens Stoltenberg.

“Kanselir Scholz mendukung pencalonan Mark Rutte sebagai Sekretaris Jenderal NATO yang baru,” tulis juru bicara Scholz, Steffen Hebestreit, dalam sebuah postingan di media sosial.

"Dia memuji pengalaman Rutte yang luar biasa, keahlian kebijakan keamanannya yang luar biasa, dan keterampilan diplomatiknya yang kuat," lanjut dia, seperti dikutip dari RT, Jumat (23/2/2024).

Inggris menyuarkan dukungan yang sama. “Inggris sangat mendukung PM Belanda Mark Rutter untuk menggantikan Jens Stoltenberg sebagai sekretaris jenderal NATO,” kata juru bicara pemerintah dalam sebuah pernyataan kepada media Inggris.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)