Tutupi Skandal Seks Gereja, Uskup Agung Australia Mundur

Selasa, 31 Juli 2018 - 13:48 WIB
Tutupi Skandal Seks Gereja, Uskup Agung Australia Mundur
Tutupi Skandal Seks Gereja, Uskup Agung Australia Mundur
A A A
MELBOURNE - Masyarakat Australia menyambut pengunduran diri Uskup Agung Philip Wilson setelah dinyatakan bersalah karena menutupi kasus pelecehan seks anak oleh pastor gereja di negara tersebut. Uskup Wilson awalnya menolak mengundurkan diri karena merasa tak bersalah.

Wilson, 67, telah berada di bawah tekanan dari korban pelecehan, uskup lain, dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull setelah dinyatakan bersalah oleh pengadilan. Dia dinyatakan gagal mengungkapkan kepada polisi bahwa dua korban telah memberi tahu dirinya pada 1976 bahwa mereka telah disiksa secara seksual oleh pastor James Fletcher.

Wilson, yang sebelumnya mempertahankan klaim ketidakbersalahannya, resmi mengundurkan diri dari perannya sebagai Uskup Agung Adelaide, Australia Selatan.

Dia mengaku sudah mengirim surat pengunduran diri kepada Paus Fransiskus pada 20 Juli. Surat itu diterima Paus pada hari Senin kemarin.

"Philip telah menggali tumitnya dan saya pikir dia akan terus seperti itu untuk sedikit lebih lama, jadi itu benar-benar mengejutkan, tetapi ini adalah berita yang sangat disambut," kata Peter Creigh, salah satu korban Fletcher, kepada Australian Broadcasting Corp, Selasa (31/7/2018).

Pastor Fletcher dinyatakan bersalah pada 2004 dari sembilan kasus pelecehan seksual anak. Dia meninggal di penjara pada 2006 setelah terserang stroke.

Wilson mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin bahwa dia telah memutuskan untuk mengundurkan diri. "Karena menjadi semakin khawatir pada tingkat rasa sakit yang semakin besar yang disebabkan oleh keyakinan saya di dalam komunitas, terutama bagi korban Fletcher," katanya.

Broken Rites, kelompok pendukung korban penganiayaan oknum pemimpin Gereja Katolik, mengatakan pengunduran diri Wilson sedikit terlambat.

"Ini mengecewakan bagi korban bahwa dia mengklaim dirinya melakukan itu demi mereka. Mengapa dia tidak melakukannya sebelumnya?," kata juru bicara Broken Rites, Chris MacIsaac.

Uskup Greg O'Kelly, yang ditunjuk untuk menjalankan Keuskupan Agung Adelaide sampai Paus Fransikus menunjuk Uskup Agung baru, mengatakan kepada wartawan bahwa pengunduran diri Wilson membawa ke akhir "mantra" ketidakpastian dan kecemasan di Keuskupan Agung.

Dia memuji advokasi Wilson untuk para korban dalam beberapa tahun terakhir, tetapi mengakui bahwa penolakannya untuk mengundurkan diri telah menghidupkan kembali kenangan akan rasa sakit yang telah ditimbulkan gereja terhadap para korban pelecehan.

"Itu sesuatu yang sangat kami sesali, luka hati orang-orang yang sudah terluka," kata O'Kelly dalam konferensi pers di Adelaide.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3344 seconds (0.1#10.140)