Kardinal Vatikan Diadili dalam Kasus Penipuan

loading...
Kardinal Vatikan Diadili dalam Kasus Penipuan
Kardinal Angelo Becciu (73) diadili dalam kasus kejahatan keuangan. Foto/Al Jazeera
VATICAN CITY - Seorang kardinal yang pernah menjadi teman dekat Paus Fransiskus diadili di Vatikan . Ia dituduh telah menyalahgunakan dana Gereja dalam usaha properti di London.

Kardinal Angelo Becciu (73) adalah kardinal paling senior di zaman modern yang diadili atas tuduhan kejahatan keuangan. Ia didakwa telah menghabiskan dana gereja sebesar USD412 juta untuk membeli properti di Chelsea. Kesepakatan itu berujung pada kegagalan yang menimbulkan kerugian besar.

Namun ia menyangkal telah melakukan kesalahan.

Sembilan terdakwa lainnya juga didakwa dengan dakwaan termasuk pemerasan, penggelapan dan penyalahgunaan jabatan.



Baca juga: Vatikan Perberat Hukuman untuk Para Pelaku Pelecehan Seksual

Kardinal Becciu dipecat oleh Paus pada bulan September lalu, ketika laporan tentang kesalahan keuangan muncul ke permukaan.

Investigasi selama dua tahun mengungkap bagaimana Vatikan kehilangan jutaan euro, termasuk sumbangan dari jamaah, setelah membeli bekas gudang Harrods yang bergengsi di Sloane Avenue, Chelsea, pada 2014. Kardinal Becciu sebelumnya bertanggung jawab atas sumbangan di sekretariat yang menangani dana Vatikan.

Jaksa menuduh bahwa broker yang berbasis di London, Gianluigi Torzi, menipu Vatikan saat menggunakan uangnya untuk membeli saham di gedung Chelsea, yang akan diubah menjadi apartemen mewah. Torzi mengatakan tuduhan itu didasarkan pada kesalahpahaman. Pemerintah Italia saat ini sedang berusaha untuk membuatnya diekstradisi dari Inggris.

Tuduhan terhadapnya termasuk diduga menyalurkan uang ke bisnis yang dijalankan oleh saudara-saudaranya di Sardinia.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top