6 Negara yang Memasok Senjata ke Israel, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Sabtu, 17 Februari 2024 - 18:18 WIB
loading...
A A A
Di Kanada, puluhan kelompok masyarakat sipil baru-baru ini mendesak Perdana Menteri Justin Trudeau untuk mengakhiri ekspor senjata ke Israel. Pemerintah mengatakan mereka tidak mengirimkan sistem persenjataan lengkap ke Israel, namun kelompok masyarakat sipil ini mengklaim bahwa mereka meremehkan jumlah dukungan militer yang diberikan.

“Perusahaan-perusahaan Kanada telah mengekspor lebih dari $84 juta [114 juta dolar Kanada] barang-barang militer ke Israel sejak tahun 2015,” kata Michael Bueckert, wakil presiden Kanada untuk Keadilan dan Perdamaian di Timur Tengah, sebuah kelompok advokasi, seraya menambahkan bahwa pemerintah terus mengekspor barang-barang militer ke Israel sejak tahun 2015. untuk menyetujui ekspor senjata sejak awal perang.

5. Australia

6 Negara yang Memasok Senjata ke Israel, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Menteri Luar Negeri Australia mengatakan negaranya belum memberikan senjata kepada Israel sejak dimulainya perang. Namun, juru bicara pertahanan Partai Hijau Australia, David Shoebridge, telah meminta pemerintah untuk lebih transparan mengenai barang apa saja yang sebenarnya telah diekspor ke Israel, dan menambahkan bahwa negara tersebut memiliki salah satu sistem ekspor senjata paling rahasia di dunia.

Amnesty International juga meminta Australia untuk menghentikan penjualan senjata ke Israel dan mengklaim negara tersebut telah menyetujui 322 ekspor peralatan pertahanan ke Israel selama enam tahun terakhir.

6. Prancis

6 Negara yang Memasok Senjata ke Israel, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Melansir Al Jazeera, di Prancis, demonstrasi pro-Palestina pada tanggal 7 Februari meminta perusahaan-perusahaan Prancis, termasuk Dassault Aviation, untuk berhenti menjual senjata ke Israel.

Para pengunjuk rasa mengatakan, menurut kantor berita Anadolu, “semua perusahaan Prancis yang menjual senjata kepada pemerintahan Tel Aviv terlibat dalam genosida Israel di Gaza”.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)