Apakah Imran Khan yang Memenangkan Pemilu Pakistan Bisa Membentuk Pemerintahan Baru?

Kamis, 15 Februari 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Namun, partai-partai tersebut belum menyatakan apakah mereka berencana melanjutkan aliansi – dan seperti apa bentuk koalisinya.

4. Fokus pada Pelanggaran Pemilu

Apakah Imran Khan yang Memenangkan Pemilu Pakistan Bisa Membentuk Pemerintahan Baru?

Foto/Reuters

Sementara itu, PTI fokus memprotes dugaan manipulasi hasil pemilu.

Pimpinan partai bersikeras bahwa hasil aktual dari sejumlah besar kursi mereka dibatalkan, sehingga membuat kandidat mereka tidak meraih kemenangan, dan dengan demikian memastikan kursi mereka tetap berada di bawah angka ajaib yaitu 134 kursi.

Sayed Zulfikar Bukhari, salah satu anggota senior PTI, dengan tegas menyatakan tidak akan bergandengan tangan dengan partai politik besar mana pun.

“Diskusi dan konsultasi internal partai kami sedang berlangsung, dan kami memiliki banyak pilihan,” katanya kepada Al Jazeera. “Keputusan untuk bergabung dengan sebuah partai akan segera diambil, tapi itu bukan salah satu dari tiga atau empat partai besar.”

Sebanyak 13 partai telah memenangkan setidaknya satu kursi dalam pemilihan Majelis Nasional, enam di antaranya telah mendapatkan satu kursi.

Jika kandidat yang didukung PTI memutuskan untuk bergabung dengan partai lain, mereka harus mengumumkan keputusannya dalam waktu tiga hari setelah pemberitahuan hasil resmi oleh Komisi Pemilihan Umum Pakistan (ECP). ECP belum mengumumkan hasil resminya.

5. Bisa Membentuk Partai Baru

Apakah Imran Khan yang Memenangkan Pemilu Pakistan Bisa Membentuk Pemerintahan Baru?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Kanwar M Dilshad, mantan sekretaris ECP dan seorang analis, mengatakan bahwa secara teori, partai independen yang didukung PTI dapat membentuk partai baru – meskipun proses pendaftarannya dapat memakan waktu beberapa hari.

Namun hal ini tidak akan membantu PTI dalam pembentukan pemerintahan saat ini, karena partai baru mana pun tidak akan menjadi bagian dari proses pemilu saat ini.

Malik, yang juga advokat di Mahkamah Agung, sependapat dengan penilaian Dilshad: Kandidat independen dukungan PTI bisa membentuk partai politik baru, tapi hal itu tidak akan mempengaruhi pembentukan pemerintahan mendatang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)