Apakah Imran Khan yang Memenangkan Pemilu Pakistan Bisa Membentuk Pemerintahan Baru?

Kamis, 15 Februari 2024 - 20:20 WIB
loading...
Apakah Imran Khan yang Memenangkan Pemilu Pakistan Bisa Membentuk Pemerintahan Baru?
Partai pimpinan Imran Khan memenangkan pemilu tapi sulit membentuk pemerintahan baru. Foto/Reuters
A A A
ISLAMABAD - Satu pekan setelah pemilu pada tanggal 8 Februari, Pakistan masih belum mengetahui partai mana yang akan membentuk pemerintahan berikutnya dan siapa yang mungkin menjadi perdana menteri berikutnya.

Pemilu ini memberikan mandat yang berbeda-beda di tengah banyaknya pertanyaan mengenai keadilan iklim di mana pemilu tersebut diselenggarakan, tuduhan manipulasi serius, dan tantangan terhadap keakuratan penghitungan suara yang berlangsung selama tiga hari.

Yang memimpin dengan 93 kursi adalah kandidat yang berafiliasi dengan Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Imran Khan, yang dipaksa mengikuti pemilu sebagai calon independen, tanpa simbol pemilu mereka, tongkat kriket.

Mereka disusul oleh Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PMLN) yang dipimpin oleh tiga kali mantan Perdana Menteri Nawaz Sharif, yang telah memenangkan 75 kursi dan secara teori, merupakan partai terbesar di Majelis Nasional, meskipun jumlah tersebut mencapai 75 kursi. kurang dari sepertiga dari 266 kursi yang diperebutkan pada 8 Februari.

Di posisi ketiga ada Partai Rakyat Pakistan (PPP) pimpinan mantan Menteri Luar Negeri Bilawal Bhutto Zardari yang memperoleh 54 kursi.

Apakah Imran Khan yang Memenangkan Pemilu Pakistan Bisa Membentuk Pemerintahan Baru?

1. Membutuhkan 134 Kursi

Apakah Imran Khan yang Memenangkan Pemilu Pakistan Bisa Membentuk Pemerintahan Baru?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, sebuah partai atau koalisi membutuhkan mayoritas sederhana yaitu 134 kursi dari 266 kursi yang dipilih di Majelis Nasional, untuk membentuk pemerintahan.

Koalisi dapat terdiri dari banyak partai atau juga mencakup partai independen yang memenangkan kursinya.

Kandidat independen tersebut dapat bergabung secara formal dengan partai yang ingin membentuk pemerintahan atau beraliansi dengan partai tersebut sambil tetap mempertahankan identitas individunya.


2. PTI Memiliki Banyak Tantangan

Apakah Imran Khan yang Memenangkan Pemilu Pakistan Bisa Membentuk Pemerintahan Baru?

Foto/Reuters

Meskipun secara teknis, partai independen yang didukung PTI dapat membentuk inti pemerintahan melalui aliansi dengan partai-partai lain, yang dukungannya mereka perlukan untuk mencapai perolehan 134 kursi, namun jalur tersebut menghadirkan beberapa tantangan.

Pertama, menjaga stabilitas akan sulit dilakukan. Pemerintahan seperti ini akan bergantung pada keinginan masing-masing anggota parlemen yang independen, sehingga rentan terhadap pembelotan dan potensi keruntuhan.

Kedua, sebagai kumpulan independen, blok PTI harus kehilangan akses terhadap 70 kursi yang diperuntukkan bagi perempuan dan kelompok minoritas, yang dibagi secara proporsional di antara partai-partai yang diwakili di Majelis Nasional.

Melansir Al Jazeera, namun jika tokoh independen yang didukung PTI bergabung dengan partai lain, mereka akan terkena tindakan disiplin dari partai induknya, sehingga berpotensi membahayakan kemampuan mereka untuk bertindak sesuai dengan kebijakan dan rencana PTI.

3. Butuh Waktu 3 Pekan

Apakah Imran Khan yang Memenangkan Pemilu Pakistan Bisa Membentuk Pemerintahan Baru?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Basil Nabi Malik, seorang pengacara yang berbasis di Karachi, mengatakan bahwa menurut konstitusi, sidang Majelis Nasional yang baru harus diadakan dalam waktu tiga minggu setelah pemilu.

“Undang-undang dengan jelas menyatakan bahwa Majelis Nasional akan bertemu pada hari ke-21 setelah hari pemilihan majelis diadakan, kecuali jika dipanggil lebih awal oleh presiden,” katanya kepada Al Jazeera.

Kecuali Arif Alvi, presiden, mengadakan sidang lebih cepat, 21 hari akan berakhir pada tanggal 29 Februari.

Pada hari sidang, jika partai-partai telah menyelesaikan sekutunya dan menyetujui koalisi, anggota DPR akan diminta untuk memilih perdana menteri, ketua, dan wakil ketua.

Seorang pemimpin oposisi juga akan dipilih dari salah satu partai yang telah memutuskan untuk tidak duduk di kursi Departemen Keuangan.

4. PMLN dan PPP Sudah Siap Membangun Koalisi

Apakah Imran Khan yang Memenangkan Pemilu Pakistan Bisa Membentuk Pemerintahan Baru?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Pemimpin PMLN Nawaz Sharif mengatakan dalam pidatonya pada hari Jumat dari markas besar partai di Lahore bahwa ia telah menginstruksikan saudaranya Shehbaz Sharif, yang juga mantan perdana menteri, untuk menjangkau partai-partai politik lain yang telah memenangkan beberapa kursi dalam pemilu, untuk membangun sebuah pemerintahan baru. aliansi pemerintahan.

Pimpinan PMLN sudah bertemu dengan mitra PPP serta perwakilannyadari Gerakan Muttahida Qaumi (MQM), yang memenangkan 17 kursi di provinsi Sindh.

Namun, partai-partai tersebut belum menyatakan apakah mereka berencana melanjutkan aliansi – dan seperti apa bentuk koalisinya.

4. Fokus pada Pelanggaran Pemilu

Apakah Imran Khan yang Memenangkan Pemilu Pakistan Bisa Membentuk Pemerintahan Baru?

Foto/Reuters

Sementara itu, PTI fokus memprotes dugaan manipulasi hasil pemilu.

Pimpinan partai bersikeras bahwa hasil aktual dari sejumlah besar kursi mereka dibatalkan, sehingga membuat kandidat mereka tidak meraih kemenangan, dan dengan demikian memastikan kursi mereka tetap berada di bawah angka ajaib yaitu 134 kursi.

Sayed Zulfikar Bukhari, salah satu anggota senior PTI, dengan tegas menyatakan tidak akan bergandengan tangan dengan partai politik besar mana pun.

“Diskusi dan konsultasi internal partai kami sedang berlangsung, dan kami memiliki banyak pilihan,” katanya kepada Al Jazeera. “Keputusan untuk bergabung dengan sebuah partai akan segera diambil, tapi itu bukan salah satu dari tiga atau empat partai besar.”

Sebanyak 13 partai telah memenangkan setidaknya satu kursi dalam pemilihan Majelis Nasional, enam di antaranya telah mendapatkan satu kursi.

Jika kandidat yang didukung PTI memutuskan untuk bergabung dengan partai lain, mereka harus mengumumkan keputusannya dalam waktu tiga hari setelah pemberitahuan hasil resmi oleh Komisi Pemilihan Umum Pakistan (ECP). ECP belum mengumumkan hasil resminya.

5. Bisa Membentuk Partai Baru

Apakah Imran Khan yang Memenangkan Pemilu Pakistan Bisa Membentuk Pemerintahan Baru?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Kanwar M Dilshad, mantan sekretaris ECP dan seorang analis, mengatakan bahwa secara teori, partai independen yang didukung PTI dapat membentuk partai baru – meskipun proses pendaftarannya dapat memakan waktu beberapa hari.

Namun hal ini tidak akan membantu PTI dalam pembentukan pemerintahan saat ini, karena partai baru mana pun tidak akan menjadi bagian dari proses pemilu saat ini.

Malik, yang juga advokat di Mahkamah Agung, sependapat dengan penilaian Dilshad: Kandidat independen dukungan PTI bisa membentuk partai politik baru, tapi hal itu tidak akan mempengaruhi pembentukan pemerintahan mendatang.

“[Juga] dipertanyakan apakah partai politik tersebut, yang didirikan setelah pemilu, akan menikmati perlindungan konstitusional yang dinikmati oleh partai politik lain yang telah terdaftar di ECP sebelum pemilu tersebut,” tambahnya.

Abid Zuberi, pengacara senior lainnya, mengatakan bahwa pihak independen dapat menyatakan diri mereka sebagai kelompok anggota yang “berpikiran sama”. Tapi itu juga tidak bisa dianggap sebagai pesta.

“Mereka dapat memutuskan masalah-masalah parlemen secara massal, namun mereka akan diperlakukan sebagai kelompok independen, bukan sebagai partai, sehingga tidak dapat menerima kuota kursi cadangan,” kata Zuberi kepada Al Jazeera.

6. PTI Sulit Dibangkitkan

Apakah Imran Khan yang Memenangkan Pemilu Pakistan Bisa Membentuk Pemerintahan Baru?

Foto/Reuters

Meskipun pemimpin partai tersebut, Imran Khan, telah dipenjara sejak Agustus 2023 dan menghadapi tindakan keras yang dipimpin negara setidaknya sejak Mei tahun lalu, kemunduran terbesar yang mereka hadapi adalah hilangnya simbol pemilu mereka.

Mereka dituduh oleh ECP melanggar undang-undang tentang penyelenggaraan pemilu internal partai. Partai tersebut menuduh bahwa keputusan ini bertujuan untuk mengurangi popularitas dan pengaruh partai.

Partai tersebut dapat meminta keringanan dari Mahkamah Agung negara tersebut, untuk membatalkan keputusan ECP. Namun masih belum jelas apakah keputusan yang memenangkan partai tersebut akan memungkinkan pihak independen yang didukungnya untuk mewakili PTI secara resmi di Majelis Nasional yang baru.

“Sekarang PTI harus menyelenggarakan pemilu, sesuai isi dan semangatnya. Namun menurut saya hal ini tidak akan memungkinkan partai tersebut menjadi bagian dari parlemen saat ini karena menurut ECP, partai tersebut tidak ada jika menyangkut hasil pemilu,” kata Zuberi, pengacara senior yang juga mantan presiden Asosiasi Pengacara Mahkamah Agung.

Senator Ali Zafar, seorang pemimpin senior PTI serta bagian dari tim hukum mereka, mengindikasikan bahwa partai tersebut tidak yakin akan mendapatkan keringanan dari pengadilan tinggi atas simbol tersebut.

“Saya rasa mungkin persoalan simbol sudah selesai karena tujuannya untuk ikut serta dalam pemilu. Saya rasa skenario ini tidak akan berpengaruh apa pun pasca pemilu. Sebaliknya, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah partai mana yang akan diikuti oleh kandidat yang didukung PTI,” katanya kepada Al Jazeera.

Malik juga mengkritik keputusan awal ECP untuk menghapus simbol tersebut dan mengatakan bahwa saat ini hanya ada sedikit bukti bahwa tindakan tersebut mungkin akan dibatalkan dalam waktu dekat.

“Kami juga melihat kurangnya urgensi di Mahkamah Agung dalam menyelesaikan masalah ini untuk diadili, dan mungkin tidak mungkin menyelesaikan seluruh proses ini sebelum sidang pertama,” katanya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2041 seconds (0.1#10.140)