Perang Gaza Ancam Produksi Pesawat F-35, Kenapa?

Kamis, 15 Februari 2024 - 11:11 WIB
loading...
Perang Gaza Ancam Produksi Pesawat F-35, Kenapa?
Produksi pesawat siluman F-35 akan terganggu karena perang di Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Pemerintah Belanda segera mengajukan banding atas keputusan pengadilan yang akan menghentikan produksi global jet tempur generasi kelima negara Barat.

Keputusan pertama pada Senin (12/2/2024) memberi pemerintah waktu seminggu untuk berhenti mengekspor suku cadang pesawat pembom tempur siluman F-35 , yang digunakan Israel dalam pemboman di Jalur Gaza, di mana perang tersebut telah menewaskan lebih dari 28.000 warga Palestina, yang sebagian besar adalah warga Palestina. mereka wanita dan anak-anak.

Perang Gaza Ancam Produksi Pesawat F-35, Kenapa?

1. F-35 Digunakan untuk Melakukan Kejahatan Kemanusiaan

Perang Gaza Ancam Produksi Pesawat F-35, Kenapa?

Foto/Reuters

Pengadilan Banding di Den Haag mengutip “risiko yang jelas bahwa jet tempur F-35 Israel mungkin digunakan untuk melakukan pelanggaran serius terhadap hukum kemanusiaan internasional.”

Hal ini pada gilirannya dapat berimplikasi pada Belanda, yang memproduksi dan menyimpan suku cadang F-35.

Israel menegaskan perangnya ditujukan untuk menghancurkan Hamas, setelah kelompok bersenjata Palestina menyerang Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan hampir 1.200 orang. Namun meningkatnya jumlah korban sipil; pemboman terhadap sekolah, kamp pengungsi dan rumah sakit; dan perpindahan paksa hampir seluruh penduduk Gaza telah memicu kemarahan global.


2. Israel Terbukti Melakukan Genosida di Gaza

Perang Gaza Ancam Produksi Pesawat F-35, Kenapa?

Foto/Reuters

Afrika Selatan telah menyeret Israel ke Mahkamah Internasional dengan tuduhan melakukan genosida. Dan pengadilan di Den Haag minggu ini tampaknya menyampaikan beberapa kekhawatiran yang sedang dipertimbangkan oleh ICJ.

“Israel tidak cukup memperhitungkan konsekuensi serangannya terhadap penduduk sipil,” kata pengadilan Belanda. “Ini berarti ekspor suku cadang F-35 dari Belanda ke Israel harus dihentikan.”

Melakukan hal ini akan mempunyai konsekuensi yang jauh melampaui Israel dan perang di Gaza.

3. Belanda Jadi Gudang Suku Cadang F-35

Perang Gaza Ancam Produksi Pesawat F-35, Kenapa?

Foto/Reuters

Belanda menjadi tuan rumah salah satu dari tiga gudang di seluruh dunia untuk suku cadang F-35, di Woensdrecht. Namun, Belanda berpendapat bahwa Israel tidak dapat dijadikan sasaran embargo saja, karena pemerintah Belanda mengekspor suku cadang ke semua negara dalam program F-35 di bawah satu lisensi, berlabel AV009.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)