10 Negara Timur Tengah Sekutu AS

Rabu, 14 Februari 2024 - 23:23 WIB
loading...
10 Negara Timur Tengah Sekutu AS
AS memiliki 10 sekutu di Timur Tengah. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) masih mendominasi geopolitik di Timur Tengah. Setidaknya, 10 negara merupakan sekutu utama AS di kawasan tersebut. Itu menjadikan AS selalu ikut campur ketika terjadi pergolakan atau pun perang.

Aliansi AS dengan negara-negara Arab itu ditanda dengan bantuan militer kepada negara tersebut. Selain itu, Washington juga mendirikan pangkalan militer di negara tersebut, bahkan membangun pangkalan militer untuk operasional perang AS di kawasan tersebut.

10 Negara Timur Tengah Sekutu AS

1. Arab Saudi

10 Negara Timur Tengah Sekutu AS

Foto/Reuters

Pada bulan Desember 2022, terdapat lebih dari 2.700 tentara AS yang ditempatkan di Arab Saudi untuk melatih, memberi nasihat, dan membantu angkatan bersenjatanya serta untuk melindungi kepentingan AS di kawasan tersebut dari Iran dan proksinya.

Para prajurit di sana memelihara sistem pertahanan udara dan rudal serta mendukung pengoperasian pesawat militer.

Pemerintahan Biden pada tahun 2021 mengakhiri dukungan AS terhadap operasi ofensif Arab Saudi terhadap pemberontak Houthi yang berbasis di Yaman dan didukung Iran, meskipun AS masih memberikan dukungan defensif.


2. Uni Emirat Arab (UEA)

10 Negara Timur Tengah Sekutu AS

Foto/Reuters

UEA telah menjadi sekutu utama AS di Timur Tengah selama bertahun-tahun, menampung hingga 3.500 personel AS.

Mereka terutama bermarkas di Pangkalan Udara Al Dhafra, yang merupakan lokasi Gulf Air Warfare Center – pusat pelatihan pertahanan udara dan rudal regional yang dioperasikan bersama oleh UEA dan AS.

Pelabuhan-pelabuhan di negara ini juga penting bagi Angkatan Laut AS, karena pelabuhan-pelabuhan tersebut secara kolektif menampung lebih banyak kapal dibandingkan pelabuhan lain di luar AS.

3. Qatar

10 Negara Timur Tengah Sekutu AS

Foto/Reuters

Melansir Axios, sebagai sekutu utama non-NATO lainnya, Qatar sangat penting bagi AS. strategi militer di wilayah tersebut.

Setidaknya 8.000 tentara AS dikerahkan ke Pangkalan Udara Al Udeid di barat daya Doha, yang menjadi lokasi markas besar regional Komando Pusat AS.

Pangkalan udaranya adalah AS. instalasi militer terbesar di Timur Tengah, meskipun juga menampung angkatan udara Qatar dan angkatan udara dari negara lain, termasuk Inggris.

Sisi sebaliknya, Qatar juga mengizinkan kantor politik Hamas beroperasi di Doha selama lebih dari satu dekade. Gedung ini menampung beberapa pejabat tinggi Hamas, termasuk pemimpin tertinggi organisasi tersebut, Ismail Haniyeh.

Qatar telah banyak dikritik karena menjadi tuan rumah kantor tersebut, namun Qatar menyatakan bahwa hal tersebut memungkinkan Qatar untuk memediasi hubungan dengan Hamas dan negara-negara Barat dan dapat membantu mendorong perdamaian Israel-Palestina.

4. Yordania

AS memiliki kemitraan yang erat dengan Yordania, memberikan bantuan militer dan ekonomi, dan bekerja sama dalam masalah keamanan regional.

Meskipun kehadiran militer AS merupakan isu domestik yang sensitif dalam politik Yordania, terdapat sekitar 2.900 personel di sana pada Juni 2023 atas permintaan pemerintah Yordania.

Mereka dikerahkan di sana untuk mendukung operasi Yordania melawan ISIS, untuk meningkatkan keamanannya dan untuk meningkatkan stabilitas regional. Pangkalan udara Yordania, khususnya, penting bagi misi intelijen AS di Suriah dan Irak.

5. Kuwait

10 Negara Timur Tengah Sekutu AS

Foto/Reuters

Melansir Axios, ribuan pasukan AS telah ditempatkan di Kuwait sejak tahun 1991 ketika koalisi multinasional yang dipimpin oleh AS mengusir pasukan Irak dari negara tersebut sebagai bagian dari Perang Teluk pertama.

Negara ini juga menjadi basis logistik utama bagi pasukan AS dan koalisi selama Perang Irak. Pada tahun 2021, terdapat 13.500 personel AS dan ribuan peralatan di Kuwait, terutama di Kamp Arifjan dan Pangkalan Udara Ali al-Salem.

Negara ini, yang merupakan sekutu utama non-NATO, juga menampung ribuan tentara Jerman, Jepang, dan Korea Selatan.

6. Bahrain

AS memiliki pangkalan angkatan laut di Bahrain dan memelihara hubungan keamanan yang erat dengan negara tersebut.

Pada tahun 2022, terdapat lebih dari 9.000 personel militer AS yang ditugaskan di NSA Bahrain, pangkalan angkatan laut AS yang merupakan markas Komando Pusat Angkatan Laut AS dan Armada Kelima AS.

Itu adalah AS. satu-satunya pangkalan angkatan laut pantai permanen di Timur Tengah dan Pelabuhan Khalifa bin Salman di Bahrain adalah salah satu dari sedikit fasilitas di Teluk yang dapat menampung kapal induk dan kapal amfibi AS.

Bahrain juga telah ditunjuk sebagai sekutu utama non-NATO, sehingga memungkinkannya membeli senjata tertentu dan melakukan penelitian pertahanan dengan AS.

7. Oman

10 Negara Timur Tengah Sekutu AS

Foto/Reuters

Meskipun tidak menonjol dibandingkan beberapa aliansi lainnya, Amerika Serikat telah memelihara hubungan positif dengan Oman, khususnya di bidang kerja sama keamanan dan militer.

Buktinya? ada beberapa ratus tentara yang ditempatkan di Oman, terutama dari Angkatan Udara.

Negara ini mengizinkan Angkatan Udara untuk melakukan ribuan penerbangan dan ratusan pendaratan setiap tahunnya, sementara kapal-kapal A.S. mampu melakukan 80 kunjungan pelabuhan setiap tahunnya. Akses pelabuhan diperluas pada tahun 2019.

Awal tahun ini, AS memindahkan kapal perusak dan jet tempur tambahan ke dekat Oman sebagai tanggapan atas penyitaan kapal dagang Angkatan Laut Iran di Selat Hormuz dan Teluk Oman.

8. Turki

10 Negara Timur Tengah Sekutu AS

Foto/Reuters

Turki adalah mitra keamanan penting AS. Turki telah menjadi sekutu penting Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO) sejak tahun 1952. Turki adalah pemimpin dalam Misi Dukungan Tegas Aliansi, terus memberikan kontribusi terhadap keamanan di Afghanistan, dan berfungsi sebagai jangkar penting NATO di timur, mengendalikan (sesuai dengan konvensi internasional ) selat Bosporus dan Dardanella, yang menghubungkan Laut Hitam dengan Mediterania.

Turki terlibat dalam upaya intensif untuk mengalahkan organisasi teroris baik di dalam maupun di luar perbatasannya, termasuk Partai Pekerja Kurdistan (PKK), Partai/Front Pembebasan Rakyat Revolusioner (DHKP-C), dan ISIS. Sebagai anggota penting Koalisi Kalahkan ISIS, Turki membuka pangkalan militernya ke Amerika Serikat dan mitra Koalisi pada bulan Juli 2015. Sejak saat itu, Pangkalan Udara Incirlik berperan penting dalam upaya melemahkan dan pada akhirnya menghancurkan ISIS di Suriah dan Irak.

Turki berkontribusi terhadap keamanan internasional bersama pasukan AS di Eropa, laut yang berbatasan dengan Somalia, dan di Mediterania. Turki berbatasan dengan Yunani, Bulgaria, Georgia, Armenia, Azerbaijan, Iran, Irak, dan Suriah, dan merupakan mitra utama kebijakan AS di kawasan sekitarnya.

9. Mesir

Mesir adalah mitra AS yang berharga dalam operasi kontraterorisme, anti-perdagangan manusia, dan keamanan regional, yang memajukan keamanan AS dan Mesir. Kemitraan pertahanan selama puluhan tahun merupakan pilar stabilitas regional.

Sejak tahun 1978, Amerika Serikat telah menyumbang lebih dari USD50 miliar bantuan militer, yang berkontribusi terhadap kemampuan Mesir dalam melindungi dan mempertahankan perbatasan darat dan maritimnya serta menghadapi ancaman teroris yang terus berkembang, termasuk di Semenanjung Sinai.

10. Israel

10 Negara Timur Tengah Sekutu AS

Foto/Reuters

Amerika mendukung pembentukan negara Yahudi setelah Perang Dunia II, namun pada dekade-dekade awal keberadaannya, ikatan tersebut tidak begitu menonjol. Presiden John F. Kennedy menekankan hal ini dengan menyebutnya sebagai “hubungan khusus,” yang didasarkan pada komitmen bersama terhadap hak Israel untuk hidup dalam damai, pada tahun 1962, dan hubungan tersebut baru benar-benar berkembang setelah Perang tahun 1967.

Pada awalnya, AS hanya memberi, tapi juga menjual persenjataan kepada Israel, serta mengizinkan mereka meminjam dari bank-bank AS dengan harga lebih rendah dari harga pasar untuk mendukung upaya pembangunan. Pada tahun 1980an dan 90an, AS dan Israel mulai bekerja sama dalam penelitian dan pengembangan serta produksi persenjataan.

Dan pada tahun 1999, ketika mantan Presiden Bill Clinton berupaya untuk memupuk perdamaian abadi antara Israel dan negara-negara tetangga Arabnya, AS menandatangani memorandum pertama dari tiga memorandum berdurasi 10 tahun yang berkomitmen untuk memberikan miliaran dolar bantuan militer setiap tahunnya.

Pada tahun 2011, Israel menerapkan Iron Dome – sistem pertahanan rudal udara jarak pendek yang menggunakan teknologi radar untuk menghancurkan roket yang ditembakkan oleh Hamas dan kelompok militan lainnya. Sistem ini menggunakan komponen buatan AS, dan sebagian didanai oleh AS.

Saat ini, Israel menerima bantuan militer sebesar USD3,8 miliar dari AS setiap tahunnya berdasarkan sebuah memorandum yang ditandatangani pada tahun 2019. Jumlah tersebut mencakup sekitar 16 persen dari total anggaran militer Israel pada tahun 2022 – jumlah yang signifikan, namun tidak terlalu besar sehingga Israel masih bergantung pada bantuan AS dalam hal bantuan militer. seperti dulu.

“Hubungan ini telah memainkan peran besar dalam kemajuan kecanggihan angkatan bersenjata Israel,” kata Michael Hanna, direktur International Crisis Group asal AS, sebuah organisasi yang berfokus pada pencegahan konflik, dilansir Vox. “Hubungan Israel [dengan AS] juga unik di kawasan ini dan hal ini ditunjukkan dalam komitmen AS untuk mempertahankan keunggulan militer kualitatif Israel, yang bertujuan untuk menjamin bahwa Israel tetap unggul secara militer dibandingkan militer regional lainnya.”

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)