3.000 Tank Hancur di Ukraina, Rusia Pilih Reparasi Tank Tua

Rabu, 14 Februari 2024 - 15:44 WIB
loading...
3.000 Tank Hancur di Ukraina, Rusia Pilih Reparasi Tank Tua
Ribuan tank Rusia hancur selama perang dengan Ukraina. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia telah kehilangan lebih dari 3.000 tank di Ukraina - setara dengan seluruh persediaan aktif sebelum perang. Namun, Rusia memiliki cukup kendaraan lapis baja berkualitas rendah di gudang untuk penggantian selama bertahun-tahun.

Ukraina juga menderita kerugian besar sejak Rusia menginvasi pada Februari 2022, namun penambahan kekuatan militer dari Barat memungkinkan Ukraina mempertahankan persediaan senjata sekaligus meningkatkan kualitas. Itu merupakan analisis yang dikemukan oleh Institut Internasional untuk Studi Strategis (IISS).

"Bahkan setelah kehilangan begitu banyak tank – termasuk sekitar 1.120 tank pada tahun lalu – Rusia masih memiliki dua kali lebih banyak tank yang tersedia untuk bertempur dibandingkan Ukraina," demikian laporan Neraca Militer tahunan IISS, dilansir Rueters.

Henry Boyd, peneliti senior di institut tersebut untuk kemampuan militer, mengatakan bahwa Rusia secara kasar telah mencapai titik impas dalam hal penggantian. " Saya memperkirakan Rusia telah mengerahkan sekitar 1.000 hingga 1.500 tank lagi dalam satu tahun terakhir," paparnya.

Namun dari jumlah tersebut, katanya, paling banyak 200 unit merupakan unit baru, dan sebagian besar merupakan unit model lama yang telah diperbaharui.
“Moskow telah mampu menukar kualitas dengan kuantitas... dengan menarik ribuan tank tua keluar dari penyimpanan dengan kecepatan yang kadang-kadang mencapai 90 tank per bulan,” kata laporan itu.

Persediaan yang disimpan Rusia berarti Moskow "berpotensi mengalami kerugian besar selama tiga tahun lagi dan mengisi kembali tank-tank dari stok, bahkan jika standar teknisnya lebih rendah, terlepas dari kemampuannya memproduksi peralatan baru".

Hampir dua tahun konflik terjadi, Ukraina dan mitra Baratnya menghadapi pilihan yang sangat sulit.

Analis perang darat senior IISS, Ben Barry, mengatakan Ukraina telah mencoba melindungi beberapa pasukan mudanya – yang rata-rata usia prajurit infanterinya dilaporkan di awal 40-an – namun mungkin akan kesulitan untuk terus melakukan hal tersebut.

“Mereka sengaja melindungi generasi muda mereka, namun sejauh mana mereka bisa melakukan hal itu di masa depan diragukan apakah mereka bisa mempertahankan kekuatan garis depan mereka,” katanya.

Ukraina, yang gagal membuat kemajuan dalam serangan balasan tahun lalu dan baru saja menggantikan komandan populernya Valeriy Zaluzhnyi, juga sangat membutuhkan pasokan artileri dan sistem pertahanan udara baru, sambil menunggu paket bantuan besar baru dari AS yang telah dilaksanakan. ditentang oleh oposisi Partai Republik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)