Inggris Meminta Israel Berhenti dan Memikirkan Masalah Gaza

Rabu, 14 Februari 2024 - 06:35 WIB
loading...
Inggris Meminta Israel Berhenti dan Memikirkan Masalah Gaza
Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris David Cameron. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Israel harus hati-hati mempertimbangkan konsekuensi dari tindakan militer lebih lanjut di Rafah, Gaza selatan, yang menampung sekitar satu juta warga sipil Palestina yang mengungsi.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris David Cameron mengungkapkan hal itu tak lama setelah Israel melancarkan serangan udara yang menewaskan 67 orang di kota Rafah dan menyebabkan puluhan orang terluka, menurut pejabat setempat.

Terletak di dekat perbatasan Mesir, Rafah memiliki populasi sekitar 280.000 orang sebelum permusuhan antara Israel dan Hamas pecah pada Oktober lalu.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) sebelumnya mendesak warga sipil Palestina mengungsi ke kota tersebut ketika pasukan Israel menyerbu bagian utara Gaza.

Berbicara kepada wartawan pada Senin (12/2/2024), Cameron mengatakan, “Inggris sangat prihatin dengan situasi ini dan kami ingin Israel berhenti dan berpikir serius sebelum mengambil tindakan lebih lanjut.”

“Tidak mungkin melihat bagaimana Anda bisa berperang di antara orang-orang ini,” ujar dia, mengacu pada populasi Rafah yang membengkak.

Dia menyatakan, “Tidak ada tempat bagi mereka untuk pergi.”

Menurut mantan perdana menteri itu, “Inggris ingin melihat pertempuran segera dihentikan yang akan mengarah pada gencatan senjata.”



Pada Sabtu, Cameron memperkirakan “lebih dari separuh penduduk Gaza berlindung di wilayah tersebut” saat ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)