Stimulus USD278 Miliar Gagal Hidupkan Kembali Pertumbuhan Manufaktur China

Selasa, 13 Februari 2024 - 14:59 WIB
loading...
Stimulus USD278 Miliar Gagal Hidupkan Kembali Pertumbuhan Manufaktur China
China gagal hidupkan kembali pertumbuhan manufaktur meski sudah memberikan stimulus yang besar. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Website indikator ekonomi Trading Economics mencatat bahwa suku bunga deposito di China rata-rata berada di angka 1,03 persen dari tahun 1990 hingga 2023. Tingkat suku bunga tertinggi sempat mencapai 3,15 persen di bulan Juli 1993, dan kini 0,35 persen.

Data tersebut mencerminkan situasi yang terjadi di negara-negara maju, sementara China adalah negara kategori berkembang. Namun, Bank Sentral China mempertahankan suku bunga deposito tetap rendah.

Manufaktur dan real estate merupakan kelompok yang memperoleh keuntungan tertinggi (top gainer) dari kondisi ini.

Mengutip dari Financial Post pada Selasa (13/2/2024), rakyat jelata China harus menanggung akibatnya. Uang hasil jerih payah mereka tidak mendapat bunga dari bank. Mereka tidak mempercayai pasar modalnya. Mereka tidak punya pilihan aman untuk menanam uang.



Partai Komunis China (CCP) memaksa warga untuk membeli apartemen sebagai sarana investasi, dan pembangun properti menikmati setiap bagiannya. Mereka memiliki akses terhadap pendanaan proyek yang sangat murah dari bank dan aliran pelanggan yang terjamin.

Gelembung tersebut pecah di tahun 2021 ketika satu demi satu pembangun, dimulai dengan Evergrande, mulai gagal membayar pinjaman. Evergrande adalah perusahaan pengembang terbesar di China.

Pada tahun 2018, Evergrande dinyatakan sebagai perusahaan real estate paling berharga di dunia. Di saat pinjaman gagal bayar, perusahaan sedang mengerjakan lebih dari 1.300 proyek di 280 kota di China.

Saat ini, Evergrande merupakan perusahaan real estate paling banyak berutang di dunia. Nilai sahamnya turun 90 persen. Pada tanggal 29 Juni, Pengadilan Hong Kong memerintahkan likuidasi grup Evergrande.

Sebagai bekas Koloni Inggris, Hong Kong masih menikmati hasil dari sistem hukum yang terpisah. Pengadilan yang dikelola CCP di daratan China mungkin melindungi Evergrande.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)