8 Tantangan Panglima Militer Ukraina yang Baru, dari Kalah Jumlah Prajurit dan Kurangnya Pasokan Senjata

Minggu, 11 Februari 2024 - 16:16 WIB
loading...
A A A
Salah satu keberhasilan Ukraina dalam beberapa bulan terakhir adalah memperluas serangan mereka terhadap infrastruktur militer Rusia, jaringan transportasi dan kilang, hingga ke St. Petersburg dan Timur Jauh Rusia.

Serangan drone atau UAV (kendaraan udara tak berawak) baru-baru ini terhadap kilang minyak di Volgograd adalah kemenangan terbaru dalam serangkaian serangan yang ditargetkan.

Yang lebih penting lagi, dan meskipun hampir tidak memiliki angkatan laut sendiri, operasi khusus yang dijalankan oleh Budanov dan Dinas Keamanan (SBU) telah “memungkinkan Ukraina untuk menahan Armada Laut Hitam Rusia di pelabuhan…sementara juga menghancurkan sejumlah sistem pertahanan udara dan pertahanan. lokasi amunisi di Krimea,” menurut Institut Angkatan Laut AS.

Ukraina telah memelopori pengembangan drone maritim untuk menghancurkan beberapa kapal perang Armada Laut Hitam. Drone udara, rudal, dan operasi sabotase setidaknya telah mengganggu logistik Rusia.

“Mereka perlu melarang jalur pasokan Rusia di Ukraina dan membuat masyarakat Rusia merasakan perang dalam kehidupan sehari-hari mereka. Jika Putin harus mengerahkan sumber daya untuk melindungi barisan belakangnya, maka hal itu berarti lebih sedikit upaya yang bisa dilakukan untuk melakukan serangan,” dalam pandangan Schmidt.

7. Mengatasi Kelelahan Berperang di Dalam Negeri

8 Tantangan Panglima Militer Ukraina yang Baru, dari Kalah Jumlah Prajurit dan Kurangnya Pasokan Senjata

Foto/Reuters

Selama setahun terakhir, rasa optimisme di kalangan sekutu dan komandan garis depan Ukraina telah berubah menjadi suasana yang lebih suram, seperti yang diakui Zelensky. Penilaian suram Zaluzhnyi pada bulan Desember adalah bahwa “Kemungkinan besar tidak akan ada terobosan yang mendalam dan indah,” sebuah komentar yang tidak membuat dia disayangi oleh presiden.

Kelelahan di dalam negeri, perselisihan antar sekutu (Uni Eropa versus Hongaria) dan kelumpuhan di Kongres telah menambah suramnya prospek ini. Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin merasa gembira dengan kemungkinan Donald Trump kembali ke Gedung Putih.

Mengisi posisi Zaluzhnyi tidaklah mudah.

Mick Ryan, pensiunan jenderal Australia yang telah mengunjungi Ukraina dan bertemu dengan para pejabat senior, menggambarkannya sebagai “pemimpin militer yang karismatik dan populer yang mengantisipasi dan mempersiapkan diri pada minggu-minggu sebelum invasi besar-besaran Rusia.”

“Dia adalah sosok yang heroik – tidak mungkin merendahkan prestasinya,” kata seorang tentara yang bertempur di Zaporizhzhia kepada CNN.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)