8 Tantangan Panglima Militer Ukraina yang Baru, dari Kalah Jumlah Prajurit dan Kurangnya Pasokan Senjata

Minggu, 11 Februari 2024 - 16:16 WIB
loading...
A A A
Versi yang lebih ambisius dari RUU ini ditarik kembali di tengah kritik masyarakat, dan masih harus dilihat seberapa efektif undang-undang baru ini dalam mengatasi kekurangan yang serius. Zelensky prihatin dengan kemampuan pemerintah untuk membiayai pasukan tetap yang lebih besar (gaji garis depan enam kali lipat gaji rata-rata orang Ukraina yaitu $3000 per bulan) dan tentang risiko politik.

“Masyarakat masih berkomitmen untuk berjuang, kita melihatnya dalam survei opini, namun mereka sudah kehabisan tenaga,” kata Schmidt.

5. Mengoptimalkan Drone

Zaluzhnyi terus-menerus berargumen bahwa mengingat jumlah personel dan persenjataan Rusia yang lebih banyak, Ukraina memerlukan perubahan besar dalam teknologi medan perangnya: misalnya, drone yang lebih canggih dan sistem tak berawak lainnya akan memberikan informasi intelijen real-time dan informasi penargetan yang akurat.

Dalam esainya baru-baru ini, Zaluzhnyi menyatakan bahwa peningkatan investasi seperti itu, serta penggunaan teknologi siber, dapat membuahkan hasil dalam waktu lima bulan.

Waktu adalah hal yang sangat penting. Militer Rusia terus melakukan kesalahan, namun mereka terus belajar dan beradaptasi, terutama dalam eksploitasi drone serang dan pengintaian serta peperangan elektronik.

Budanov mengatakan kepada CNN bahwa Rusia telah melakukan “apa yang Anda sebut sebagai ‘pelajaran yang dipetik’ dan menarik kesimpulan mereka sendiri…Jumlah segala jenis sistem tak berawak, termasuk sistem berbasis darat dan sebagainya, telah meningkat secara signifikan.”

Tentara Ukraina yang menjaga langit di sekitar ibu kota, Kyiv, mengatakan kepada CNN bahwa Rusia menggunakan kamuflase baru, jalur penerbangan yang menipu, dan inovasi rekayasa untuk membuat drone dan rudal mereka lebih sulit dihancurkan.

Militer Rusia juga telah mengeksploitasi teknologi luncur untuk mengirimkan bom udara dengan lebih akurat, yang menjadi salah satu alasan serangan Ukraina di selatan tersendat pada musim panas lalu.

Sederhananya, Ukraina perlu memperlebar kesenjangan teknologi, seperti yang diakui Zelensky dalam pidatonya saat mengumumkan perombakan kepemimpinan. Industri drone dalam negeri yang berkembang pesat akan sangat penting dalam upaya tersebut dan sudah mulai menunjukkan hasil.

Drone orang pertama, atau ‘FPV’ yang dikerahkan di wilayah Avdiivka telah memberikan dampak buruk terhadap upaya Rusia untuk mengepung kota, menimbulkan kerugian besar pada tank dan kendaraan amunisi. Letjen Serhii Naiev, Komandan Pasukan Gabungan Ukraina, mengatakan senjata tersebut adalah “cara yang jauh lebih murah namun tidak kalah efektifnya untuk menghancurkan peralatan dan tenaga musuh dibandingkan sistem rudal anti-tank dan amunisi artileri.”

6. Mewujudkan F-16

8 Tantangan Panglima Militer Ukraina yang Baru, dari Kalah Jumlah Prajurit dan Kurangnya Pasokan Senjata

Foto/Reuters

Pengenalan F-16, yang diharapkan paling cepat pada musim semi ini, akan mengikis keunggulan Rusia di udara, namun tujuan Zaluzhnyi untuk mencapai superioritas udara mutlak untuk memungkinkan Ukraina melakukan serangan tampaknya masih jauh dari harapan. Menyatukan pesawat tempur baru ke dalam strategi pertempuran secara keseluruhan akan menjadi tugas penting bagi Syrskyi.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0964 seconds (0.1#10.140)