Imran Khan dan Nawaz Sharif Saling Klaim Memenangkan Pemilu Pakistan

Sabtu, 10 Februari 2024 - 14:40 WIB
loading...
A A A
Anggota independen tidak dapat membentuk pemerintahan sendiri di bawah sistem pemilu Pakistan yang rumit yang juga mencakup cadangan kursi yang akan diberikan kepada partai-partai berdasarkan kemenangan mereka.

Namun kelompok independen mempunyai pilihan untuk bergabung dengan partai mana pun setelah pemilu.

“Pengumuman hasil yang tepat waktu, yang mengarah pada kelancaran pembentukan pemerintahan baru, akan mengurangi ketidakpastian kebijakan dan politik,” kata Moody’s Investors Service. “Hal ini penting bagi negara yang sedang menghadapi kondisi makroekonomi yang sangat menantang.”

Para analis mengatakan pemerintahan koalisi akan kesulitan mengatasi berbagai tantangan - yang paling utama adalah mencari program dana talangan baru dari Dana Moneter Internasional (IMF) setelah perjanjian saat ini berakhir dalam tiga minggu.

Pemerintahan koalisi “mungkin akan menjadi tidak stabil, lemah” dan “yang paling dirugikan… adalah tentara”, kata Marvin Weinbaum, Direktur Studi Afghanistan dan Pakistan di Middle East Institute di Washington.

“Karena tentara benar-benar mempertaruhkan reputasinya pada kemampuannya untuk memberikan suara ini.”

Pemilu ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan krisis yang dihadapi Pakistan, namun keputusan yang tidak tepat "bisa menjadi dasar bagi paparan yang lebih mendalam terhadap kekuatan-kekuatan yang akan menciptakan ketidakstabilan," katanya.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)