Imran Khan dan Nawaz Sharif Saling Klaim Memenangkan Pemilu Pakistan

Sabtu, 10 Februari 2024 - 14:40 WIB
loading...
A A A
Partai Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) pimpinan Khan merilis pesan audio visual yang dibuat menggunakan kecerdasan buatan dan dibagikan di akun media sosial X miliknya.

Dalam pesan tersebut, yang biasanya disampaikan melalui pengacaranya, Khan, 71 tahun, menolak klaim kemenangan Sharif, mengucapkan selamat kepada para pendukungnya karena "memenangkan" pemilu dan mendesak mereka untuk merayakan dan melindungi suara mereka.

"Saya percaya Anda semua akan ikut memilih - dan Anda menghormati kepercayaan itu dan jumlah pemilih yang besar telah mengejutkan semua orang," kata pesan tersebut. Dia menambahkan bahwa tidak ada seorang pun yang akan menerima klaim Sharif karena ia memenangkan lebih sedikit kursi dan karena telah terjadi kecurangan. jajak pendapat.

Mantan bintang kriket Khan telah dipenjara sejak Agustus, dan divonis tiga kali dalam enam hari menjelang pemilu selama 10, 14, dan tujuh tahun dalam kasus yang berkaitan dengan rahasia negara, korupsi, dan pernikahan di luar hukum.

Sharif, 74, yang tiga kali menjabat sebagai perdana menteri, kembali dari empat tahun pengasingannya di Inggris pada akhir tahun lalu, setelah mengikuti pemilu terakhir dari sel penjara atas tuduhan korupsi.

Ia dianggap sebagai calon terdepan dalam memimpin negara, setelah mengubur perseteruan jangka panjang dengan militer yang kuat.

Sharif mengatakan partainya lebih suka memenangkan mayoritas suara, namun jika tidak ada suara mayoritas, maka partainya akan menghubungi pihak lain, termasuk mantan Presiden Asif Ali Zardari dari PPP, untuk membuka perundingan secepatnya pada Jumat malam.

Dalam reaksi pertamanya, seorang pembantu senior Khan mengatakan para pemimpin PTI akan mengadakan pembicaraan di antara mereka sendiri dan juga bertemu Khan di penjara pada hari Sabtu untuk membahas hasilnya, Geo News melaporkan.



Hasil pemungutan suara sangat tertunda, yang oleh pemerintah sementara dianggap disebabkan oleh penangguhan layanan telepon seluler – sebuah langkah pengamanan menjelang pemilu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)